Sehatkah Sayuran yang Dioseng?

Photo Credit: Freepik.com

DokterSehat.Com– Salah satu cara mengolah sayur yang paling sering dilakukan banyak orang adalah dengan mengosengnya. Hal ini berarti, sayur diolah dengan menggunakan minyak goreng. Mengingat makanan yang digoreng seringkali dianggap sebagai makanan yang tidak sehat, apakah sayuran yang dioseng juga kurang baik bagi kesehatan tubuh kita?

Dilansir dari Telegraph, sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol justru menghasilkan fakta menarik bahwa sayuran yang dioseng ternyata lebih sehat jika dibandingkan dengan sayuran yang direbus. Jika kebanyakan orang berpikir bahwa kandungan antioksidan pada sayuran akan menghilang tatkala sayuran ini dioseng, faktanya hasil penelitian ini membuktikan sebaliknya.

Hanya saja, penelitian yang dilakukan oleh Profesor Cristina Samaniego Sanchez dan kawan-kawannya dari University of Granada ini dilakukan dengan memakai minyak zaitun, minyak yang tidak terlalu sering dipakai oleh masyarakat umum. Menurut Sanchez, dengan mengolah sayuran dengan minyak zaitun, senyawa pada beberapa sayuran dan kentang akan lebih aktif dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dengan memasak sayuran dengan minyak zaitun, maka kadar fenolik pada sayuran akan meningkat. Hal yang berbeda terjadi saat sayuran direbus, yakni tidak terjadi peningkatan kadar fenolik pada sayuran.

Belum jelas bagaimana jika minyak yang digunakan untuk memasak sayur adalah minyak kelapa sawit atau minyak kelapa yang lebih sering digunakan oleh masyarakat. Namun, jika kita memang masih ragu dengan penggunaan minyak ini khususnya dengan adanya kemungkinan sayuran akan mengalami penambahan kadar lemak jenuh atau kolesterol, ada baiknya kita menggunakan metode memasak sayur yang lebih aman seperti dengan cara merebusnya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik