Sehatkah Sarapan Khas Minggu Pagi Ini?

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang malas untuk memasak di hari Minggu. Di waktu inilah mereka bisa menikmati aktifitas pagi seperti berolahraga di sekitar rumah, melakukan hobinya, atau bahkan menikmati ajang car free day yang kini marak diadakan di banyak kota. Tak hanya berolahraga, kita juga bisa menemukan berbagai makanan yang bisa kita konsumsi untuk sarapan pagi seperti nasi uduk, nasi pecel, nasi kuning, bubur ayam, dan berbagai jenis makanan lainnya.



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sarapan pagi orang Indonesia cenderung menitikberatkan asupan karbohidrat dan protein saja. Sementara itu, asupan lain seperti vitamin atau serat cenderung disepelekan. Lantas, apakah sarapan khas Minggu pagi ini sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut?

Nasi uduk
Dalam seporsi nasi uduk terdapat 260 kkal, 33 gram karbohidrat, 12 gram lemak, dan 4 gram protein. Dibalik rasanya yang nikmat, nasi uduk memiliki kandungan lemak tinggi yang berasal dari bahan santan. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan. Hanya saja, nasi uduk juga bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lama dan memberikan energi yang cukup untuk aktifitas seharian.

Nasi kuning
Sebagaimana nasi uduk, nasi kuning juga dibuat dengan santan sehngga ada baiknya tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan. Di dalam seporsi nasi kuning, kita bisa menemukan 100 kkal, 22 gram karbohidrat, 9 gram lemak, dan 2 gram protein.

Lontong sayur
Meskipun memiliki kandungan serat dari sayuran, lontong sayur juga kaya akan santan dan lemak jenuh sehingga sebaiknya dibatasi konsumsinya. Seporsi lontong sayur memiliki 357 kkal, 59 gram karbohidrat, 8,4 gram lemak dan 11 gram protein.

Bubur ayam
Bubur ayam bisa membuat kita cepat kenyang namun rasa kenyang ini tidak akan bertahan lama. Di dalamnya, kita bisa menemukan 372 kkal, 36 gram karbohidrat, 12, 4 gram lemak, dan 27 gram protein.

Nasi pecel
Berbagai macam sayuran yang ada dalam nasi pecel membuatnya kaya akan serat yang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam mengendalikan kadar kolesterol, menyehatkan saluran pencernaan, sekaligus membuat rasa kenyang lebih lama. Di dalam seporsi nasi pecel terdapat 276 kalori, 38 gram karbohidrat, 11 gram lemak, dan 8 gram protein.