Sehatkah Sarapan Dengan Bubur?

DokterSehat.Com– Di akhir pekan seperti sekarang ini, cukup banyak orang yang malas untuk memasak dan memilih untuk membeli makanan saja. Salah satu jenis makanan yang biasanya laris manis sebagai sarapan di akhir pekan adalah bubur, khususnya bubur ayam. Sebenarnya, apakah sarapan dengan bubur baik bagi kesehatan?

bubur_doktersehat

Pakar kesehatan gizi Bernama dr. Yustina Anie Indrianti, SpGK yang berasal dari Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia menyebut bubur sebagai makanan yang sangat mudah dicerna. Hal ini membuat perut akan terasa lebih nyaman di pagi hari. Pakar kesehatan gizi lainnya, Prof Hardiansyah dari PERGIZI menyebut masyarakat Indonesia termasuk gemar mengkonsumsi bubur saat sarapan. Hanya saja, menurut beliau, makanan ini sebenarnya lebih cocok bagi anak-anak yang cenderung aktif karena mudah untuk dipecah menjadi gula yang akhirnya dijadikan tubuh menjadi sumber energi. Selain itu, orang tua juga sangat cocok untuk mengkonsumsi makanan yang lembut ini.

Hanya saja, menurut Prof Hardiansyah, orang dewasa sebenarnya kurang cocok mengkonsumsi bubur saat sarapan. Hal ini disebabkan mudahnya bubur dipecah di dalam saluran pencernaan sehingga bisa memicu kenaikan gula darah dengan sangat cepat. Jika hal ini terjadi, maka sebelum jam makan siang, kita akan cenderung lebih mudah merasa lemas dan lapar dan akhirnya tergoda untuk mengkonsumsi makanan lainnya.

Meskipun begitu, Prof Hardiansyah juga menyebut ada satu jenis bubur yang cukup ideal untuk dikonsumsi saat sarapan yakni bubur Manado. Bubur ini lengkap dengan bahan bubur nasi, labu kuning, ikan, dan sayuran hijau. Bubur ayam juga bisa kita konsumsi meskipun memang sebaiknya juga dilengkapi dengan kacang-kacangan dan sayuran.