Sehatkah Minuman Dengan Arang?

DokterSehat.Com – Pernah berjalan-jalan ke Jogja? Jika iya, maka anda tentu pernah mencoba salah satu minuman khas Jogja yang sangat unik yakni kopi yang dicampur dengan arang. Banyak orang yang mengaku jika kopi yang bercampur dengan arang ini terasa lebih nikmat. Kini, minuman yang dicampur dengan arang tidak lagi hanya akan kita temukan pada minuman khas Jogja ini, ada beberapa orang yang merekomendasikan minuman yang dicampur dengan arang atau charcoal yang diyakini memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apakah memang minuman ini benar-benar baik bagi tubuh kita?

doktersehat-kopi-coffee-kehamilan-preganncy-menurunkan-depresi

Sebuah penelitian diakukan oleh pakar kesehatan untuk mempelajari minuman yang diberi arang ini. Hasilnya, diketahui bahwa arang yang digunakan untuk dicampurkan pada air ternyata memiliki sifat activated charcoal. Yang menarik adalah, arang ini terbuat dari beberapa jenis bahan yakni kayu, sabut kelapa, atau bahkan batu bara yang dipanaskan sedemikian rupa sehingga akan mengembang layaknya spons. Arang ini ternyata bisa memberikan kebaikan pada tubuh dimana berbagai racun yang ada dalam tubuh manusia bisa ditarik keluar melalui arang ini.

Penelitian ini juga menunjukkan fakta menarik dimana arang ini ternyata mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan layaknya jika kita mengalami keracunan makanan, gas yang berlebihan pada usus, gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh overdosis obat, hingga mengatasi masalah koleterol tinggi.

Melihat adanya kebaikan ini, banyak produsen minuman atau bahkan peralatan kosmetik yang kini mulai menggunakan arang yang dicampurkan di dalamnya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kita mengkonsumsi minuman yang tercampur dengan bahan arang ini pada waktu yang tepat, yakni saat kita bangun tidur dan belum mengkonsumsi makanan atau minuman apapun, dan juga sebelum kita tertidur, maka kita akan mendapatkan manfaat besar berupa banyaknya racun yang berhasil dikeluarkan dari dalam tubuh kita.