Sehatkah Minum Jus yang Dicampur Es Batu?

DokterSehat.Com– Salah satu minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita adalah jus. Bagaimana tidak, jus terbuat dari buah yang kaya akan kandungan seperti vitamin, mineral, hingga serat yang tentu akan membantu tubuh kita menjadi lebih sehat. Hanya saja, kebanyakan dari kita akan memilih untuk mengkonsumsi jus yang dibeli dari penjual jus di pinggir jalan. Jus yang dijual tersebut biasanya memiliki tambahan gula dan dicampur dengan es batu agar memiliki rasa yang lebih enak dan segar. Memang, kita bisa meminta jus yang tidak diberi tambahan gula sama sekali agar tidak mengkonsumsi gula dengan berlebihan. Namun, apakah tidak apa-apa jika kita minum jus yang diberi es batu?

doktersehat-jus-buah-sehat

Memang, rasa jus yang diberi es batu akan sangat nikmat dan segar untuk dikonsumsi, apalagi di siang hari yang panas dan terik, namun, ada kekhawatiran yang menyebutkan jika mengkonsumsi minuman dingin bisa membuat kita lebih mudah mengalami pilek, flu, atau bahkan sakit tenggorokan. Hanya saja, dilansir dari laman kesehatan thehhealthsite.com, disebutkan bahwa mengkonsumsi jus yang sudah ditambahi es batu ternyata masih dianggap aman bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa es batu tidak akan merusak nutrisi yang ada dalam buah atau sayuran yang dijus. Hanya saja, jika kita memasukkan es batu dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah buah atau sayuran yang kita jus, maka jus yang kita minum juga menjadi encer. Hal ini tentu akan membuat kandungan air pada jus jauh lebih tinggi dari kandungan nutrisi dan sayur dan pada akhirnya tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi sehat yang cukup dari jus yang kita minum.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membuat jus yang ditambahi es batu dengan rasio ¼ bagian jus berupa es batu dan ¾ lainnya adalah buah atau sayuran yang kaya akan nutrisi sehat. Jus yang dikonsumsi pun akan menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh.