Sehatkah Mengatasi Sembelit dengan Minum Kopi?

doktersehat kopi dan kehamilan

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa tetap tenang saat terkena sembelit? Banyak orang yang bahkan mengaku tersiksa dengan sensasi perut tidak nyaman dan tak kunjung mampu buang air besar dengan lancar. Karena alasan inilah banyak orang yang langsung memilih untuk mengonsumsi obat pencahar atau bahkan minum kopi demi segera mengatasinya.

Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan sembelit, namun seringkali hal ini disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang dan kurang serat serta gaya hidup yang tidak aktif.

Mengonsumsi kopi memang bisa mengatasi masalah sembelit secara efektif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein dan senyawa lain yang bisa ditemukan dalam kopi yang bisa memberikan efek laksatif atau memicu kontraksi pada usus. Hal ini tentu akan berimbas pada buang air besar yang lebih lancar.

Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak sering-sering menggunakan kopi sebagai solusi mengatasi sembelit. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kopi dalam menginduksi repon gastrocolonic pada perut kita. Memang, hal ini bisa berimbas pada munculnya sensasi perut mulas dan melancarkan buang air besar, namun, usus besar juga akan mengalami dampak buruk karenanya.

Berdasarkan jurnal Gastroenterology, disebutkan bahwa terlalu sering minum kopi bisa memicu pelepasan gastrin dan berbagai hormon di tubuh kita. Hal ini akan membuat kita mengalami sensasi perut kembung, mual-mual, serta kepala pusing.

Alih-alih menggunakan kopi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih dan makanan berserat demi mengatasi sembelit. Demi merangsang pergerakan usus, ada baiknya kita juga melakukan gerakan olahraga. Jika sembelit tak kunjung mereda, jangan terburu-buru mengonsumsi obat pencahar dan lebih baik mendatangi dokter demi mendapatkan solusi kesehatan yang tepat.