Sehatkah Kopi yang Disediakan di Cafe?

Doktersehat.com – Sudah banyak penelitian yang menjelaskan dampak negatif mengonsumsi kopi atau teh secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kedua minuman tersebut memiliki kandungan kafein.



Penelitian terbaru menyatakan bahwa kafein dapat menyebabkan iritasi saluran kencing, terutama pada pria. Studi yang melibatkan 4.000 responden pria ini menemukan bahwa orang rata-rata mengonsumsi 169 miligram kafein tiap harinya. Sementara kandungan kafein pada satu cangkir kopi kurang lebih 125 miligram.

Dari studi tersebut diketahui 13 persen dari jumlah responden pria mengalami iritasi saluran kencing. Selain itu, faktor usia juga bisa memperburuk dampak negatif kafein. Inilah alasan seringnya infeksi saluran kencing terjadi pada pria yang berusia 40 tahun ke atas.

Perlu diketahui bahwa secangkir kopi hitam memiliki kandungan kafein lebih rendah daripada kopi berukuran besar yang biasa disajikan di cafe atau kedai kopi.

Kandungan kafein pada kopi hitam rumahan berkisar antara 100-125 mg. Sementara jumlah kafein yang terkandung dalam kopi instant yang disajikan di cafe bisa mencapai dua kali lipat dari kopi hitam rumahan.

Selain kandungan kafein yang dapat berdampak negatif, jumlah kalori dalam kopi instan juga patut diwaspadai. Maka, dianjurkan untuk mengonsumsi 1-2 cangkir kopi hitam saja tiap harinya.

Sumber: vemale.com