Sehatkah Jika Kita Hanya Berolahraga di Akhir Pekan?

DokterSehat.Com– Karena berbagai kesibukan di hari kerja, semakin banyak orang yang hanya baru bisa melakukan olahraga di akhir pekan. Hanya saja, jika kita melihat rekomendasi pakar kesehatan untuk berolahraga beberapa kali dalam sepekan, maka berolahraga di akhir pekan sepertinya tidak akan cukup untuk memenuhi rekomendasi tersebut. Apakah dengan melakukannya di akhir pekan bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat?

doktersehat-orangtua-lansia-olahraga

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 18 bulan di Institute of Stress Medicine dan University of Gothenburg yang ada di Swedia, terdapat 69 pria dan wanita yang diketahui mengalami depresi ringan, stress akut, gangguan kecemasan, dan juga tubuh yang terasa lelah yang dilibatkan. Berbagai kondisi kesehatan mental ini disebabkan oleh malasnya mereka melakukan olahraga. Para partisipan ini pun kemudian diminta untuk mengikuti kuliah tentang olahraga dan ditawarkan untuk menjalani latihan fisik. Setelah beberapa pekan, mereka dibiarkan untuk melakukan program latihan ini sendiri. Para peneliti pun kemudian selalu mengecek kondisi kesehatan mereka setelah 6 bulan, 12 bulan, dan 18 bulan.

Hasilnya adalah, 21 partisipan berolahraga secara rutin 3 kali dalam sepekan, 22 partisipan berolahraga sekali dalam sepekan, dan sisanya kembali malas melakukan olahraga. Setelah dicek kondisi kesehatan mentalnya, diketahui bahwa mereka yang hanya berolahraga sekali dalam sepekan ternyata sudah mampu menurunkan depresi hingga 50 persen. Hal ini berarti, meskipun hanya dilakukan sekali dalam sepekan, ada manfaat dari melakukan olahraga ini.

Berolahraga akan membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang bisa menjadi obat penenang pada berbagai rasa sakit dan stress. Tak hanya itu, hormon ini juga akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan semakin menghambat proses penuaan. Paparan sinar matahari saat melakukan olahraga juga akan membuat pikiran lebih tenang dan emosi yang lebih stabil. Bahkan, partisipan mengaku jika mereka jauh lebih berenergi untuk melakukan berbagai aktifitas.

Baca Juga:  Ini yang Terjadi Jika Wanita yang Sedang Menstruasi Memaksakan Diri Untuk Berolahraga

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tetap melakukan olahraga meskipun hanya sekali dalam sepekan.