Sehatkah Diet Dengan Minum Air Saja?

Dokter Sehat – Diet merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal atau proporsional, selain dapat menambah rasa percaya diri karena memiliki berat tubuh yang ideal, diet juga dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit seperti kolesterol tinggi sampai dengan hipertensi. Karena dengan memiliki tubuh dengan berat badan ideal maka kemungkinan untuk terserang penyakit penyakit tersebut semakin kecil.



Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk diet. Pada umumnya adalah dengan mengurangi asupan kalori seperti nasi, roti, dll dan menggantinya dengan menggunakan makanan yang rendak kalori dan lemak seperti buah buahan dan sayur sayuran. Namun cara tersebut kadang membuat seseorang yang menjalankan program diet menjadi tidak tahan, karena hasrat mereka untuk makan makanan yang enak masih tinggi. Akibatnya program diet menjadi gagal.

Nah, tapi tahukan anda bahwa program diet dapat dilakukan tidak hanya dengan cara mengurangi asupan kalori dan lemak dalam tubuh, tetapi bisa juga dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan lebih mudah. Ya, dengan minum air putih. Loh kok bisa? Ya, anda dapat membentuk tubuh dan berat badan yang proporsional hanya dengan mengonsumsi air putih. Namun anda harus memperhatikan teknis atau cara caranya.

Berikut saya akan mencoba berbagai informasi mengenai cara diet menggunakan air putih :

1.Atur seperti minum obat
Untuk dapat mengurangi berat badan anda harus rajin rajin minum air putih. Buat jadwal untuk minum air putih dalam sehari, minimal harus 8 gelas dalam sehari. Silahkan anda atur setiap 2 jam atau 3 jam sekali secara teratur untuk mengonsumsi air putih layaknya minum obat.

2.Minum dengan suhu normal
Anda harus meminum air putih dengan suhu yang normal, jangan minum air putih hangat ataupun dingin. Air putih dengan suhu yang normal akan mudah diserap tubuh dan membantu proses diet.

Baca Juga:  Jangan Aktifkan Email di Ponsel Jika Anda Tidak Ingin Masalah Kesehatan Berikut

3.Buatlah pengingat
Anda bisa menggunakan alarm untuk mengingat kapan anada harus minum air putih agar program diet air putih anda dapat teratur, berjalan sesuai rencana, dan tentunya akan memberikan manfaat yang maksimal.

Adakah resiko diet air?

Ketika Anda mengisi tubuh hanya dengan air, maka dalam jangka pendek Anda akan kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, hasilnya akan ada penurunan berat badan. Anda juga akan kehilangan lebih banyak otot dibandingkan saat mengonsumsi makanan pada umumnya, sehingga dianjurkan Anda menjalankan diet air ini tidak terlalu lama.

Kemudian tingkatkan asupan per hari 500-800 kalori, artinya Anda harus makan lebih sedikit untuk mempertahankan penurunan berat badan. Tingkat metabolisme tubuh Anda tentunya akan menurun secara signifikan, sehingga ada kalanya Anda merasa lemas.

Pastikan Anda tetap mendapat cukup air saat puasa agar tidak ada resiko efek samping seperti dehidrasi, cukupi kebutuhan air di manapun Anda berada agar tidak menyebabkan pusing, sembelit, sakit kepala dan beberapa hal lainnya.

Saran dari para ahli tentang diet air

The Mayo Clinic menyarankan agar setiap orang mencukupi kebutuhan air minum untuk menghindari dehidrasi. Namun, menjalankan diet air berkepanjangan tidaklah disarankan karena tubuh tetap harus mendapatkan nutrisi.

Diet air hanya membantu dalam beberapa waktu untuk memotong kalori di dalam tubuh untuk mempermudah Anda mencapai target penurunan berat badan. Selanjutnya, Anda tetap harus memberikan nutrisi tubuh dengan cermat memilih makanan bergizi.