Sehatkah Berbuka Puasa Dengan Sirup?

DokterSehat.Com– Waktu berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim dimanapun berada. Di waktu inilah mereka bisa mengatasi rasa lapar dan dahaga setelah seharian tidak mengkonsumsi makanan dan minuman apapun. Banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka demi mendapatkan kesegaran pada kerongkongannya yang terasa sangat haus. Untuk menambah sensasi segar tersebut, maka mereka pun menambahkan sirup pada minuman dingin. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, es sirup ternyata kurang baik untuk dijadikan hidangan berbuka puasa.



Pakar kesehatan Mochd. Aldis Ruslialdi yang berasal dari Health and Nutrition Educator di Nutrifood menyarankan kita untuk menghindari sirup atau minuman kemasan untuk berbuka. Di balik rasa segar yang ditawarkan oleh sirup, ada cukup banyak kandungan gula yang akan dikonsumsi. Padahal, jika kita mengkonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan, dikhawatirkan kita akan meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan layaknya diabetes, obesitas dan lain sebagainya. Hal yang sama berlaku pada minuman kemasan layaknya teh botol yang juga kaya akan kadar gula. Di dalam satu botol minuman ini saja bisa ditemukan lebih dari 7 sendok teh gula, lebih dari separuh dari batasan konsumsi gula harian yang maksimal hanya 12 sendok teh saja.

Aldis sendiri lebih menyarankan kita untuk mengkonsumsi minuman yang tidak kaya akan kandungan gula layaknya air putih dan sebisa mungkin menghindari sirup. Andaipun kita memang ingin mengkonsumsi sirup, ada baiknya kita menambahkan buah-buahan agar bisa menjadi sup buah. Sup buah sendiri dianggap jauh lebih sehat untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan minum sirup dengan rasa buah. Apalagi di dalam buah-buahan juga terdapat kandungan serat dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.