Sehat Mana, Susu Sapi atau Susu kambing?

Doktersehat.com – Susu sapi memang jauh lebih populer dibanding susu kambing. Namun, khasiat susu kambing tak kalah dari susu lainnya.



Faktanya susu kambing lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh sebab susu ini memiliki gelembung-gelembung lemak yang mudah memisahkan diri serta lebih kecil daripada susu sapi.

Sebagaimana dilansir Magforwoman, susu kambing memiliki sifat probiotik yang dapat membantu sistem pencernaan dengan baik.

Asam lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih tinggi 35 persen ketimbang susu sapi yang hanya mengandung 17 persen asam lemak.

Susu kambing mengandung nutrisi yang lebih sehat, bahkan untuk orang yang tidak toleran laktosa. Susu ini lebih baik diminum mentah.

Manfaat lain dari susu kambing adalah membantu mengatasi masalah usus dan menekan tingkat kolesterol.

Susu kambing juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Tidak seperti susu sapi, susu kambing tidak memiliki protein kompleks sehingga tidak menyebabkan alergi.

Selain itu, susu ini bjuga baik untuk anak-anak karena mampu menenangkan saluran pencernaan dan memberikan rasa kenyang.

Diketahui susu sapi dapat menyebabkan alergi dan penyakit pernapasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi susu kambing.

Tumpukan lendir dalam tubuh bisa disebabkan kandungan lemak tinggi dalam susu sapi. Sementara itu, gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing dapat mencegah terjadinya masalah pada usus.

Sumber:  okezone.com