Sehat dan Langsing dengan Selai Kacang

DokterSehat.com – Salah satu dari deretan menu sarapan yang kerap menjadi pilihan masyarakat urban adalah roti oles selai kacang. Selain praktis, menu roti tawar dengan selai kacang juga dapat dikonsumsi untuk semua usia.



Selai kacang sudah dikenal sejak lama sebagai menu diet sehat yang dapat membantu penurunan berat badan. Bahkan sebuah riset yang dimuat dalam Journal of American Medical Association menyatakan bahwa mengkonsumsi 2 sendok makan (1 ons) selai kacang dalam kurun waktu 5 hari selama seminggu bisa menurunkan risiko sakit diabetes sampai 30 %.

Kandungan nutrisi & manfaat sehat selai kacang

Dalam selai kacang terkandung berbagai jenis nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Tiap dua sendok makan selai kacang mengandung: 3 mg vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan, 49 mg magnesium yang berguna untuk membangun tulang, 208 mg kalium yang bermanfaat untuk otot, serta 0,17 mg vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selai kacang juga diperkaya dengan kandungan serat, lemak tak jenuh tunggal, dan protein, sehingga dapat menjadikan perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, kandungan nutrisi dalam selai kacang juga dapat menyehatkan sistem pencernaan dan juga tidak membuat berat badan bertambah.

Para pakar meyakini bahwa pasien resistensi insulin yang mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, cenderung mempunyai timbunan lemak di perut yang lebih sedikit daripada mereka yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak jenuh.

Kandungan polifenol dalam selai kacang merupakan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel serta jaringan tubuh yang bisa memicu timbulnya kanker.

Baca Juga:  Polip Hidung

Tak hanya itu, selai kacang juga menjadi sumber utama resveratol, suatu antioksidan yang ampuh mencegah berbagai macam jenis penyakit seperti, saraf degeneratif, penyakit jantung, infeksi virus dan jamur, dan Alzheimer.

Untuk memperoleh manfaat kesehatan sekaligus mengoptimalkan program diet, Anda dapat mengkonsumsi selai kacang yang dipadu dengan roti gandum. Roti gandum mempunyai lebih banyak kandungan gizi dan lebih rendah kandungan kalori daripada roti tepung biasa, sehingga apabila dikombinasikan dengan selai kacang, Anda dapat memperoleh manfaat ganda.