Segudang Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang dicari oleh banyak orang di bulan puasa adalah kurma. Kurma yang memiliki rasa manis ini sangatlah nikmat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Tak hanya manis, pakar kesehatan menyebutkan jika kurma ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-kurma-puasa-ramadhan

Memiliki kandungan gula alami
Kurma ternyata terdiri dari 50-70 persen kandungan glukosa sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan gula ini bisa cepat diserap oleh tubuh dan membuat tubuh akan menjadi bugar kembali.

Menguatkan sel-sel pada usus
Jika kita rutin mengkonsumsi kurma kering, maka kita bisa mendapatkan manfaat berupa sel-sel usus yang menjadi semakin kuat. Hal ini tentu membantu saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Mencegah berbagai penyakit berbahaya
Pakar kesehatan menyebutkan jika kita mengkonsumsi kurma secara teratur, maka kita bisa menurunkan resiko terkena stroke. Tak hanya itu, kurma juga memiliki kemampuan dalam membuat sel-sel saraf menjadi lebih tenang sehingga bisa membuat kelenjar gondok terjaga kesehatannya. Jika anak-anak dan para lansia rutin mengkonsumsi kurma di pagi hari, maka mereka akan menurunkan resiko terkena masalah kejiwaan.

Membantu pemulihan setelah melahirkan
Tak disangka, ibu yang baru saja melahirkan ternyata sebaiknya rutin mengkonsumsi kurma basah karena bisa mencegah pendarahan setelah melahirkan dan membantu proses pemulihan pada rahim. Adanya kandungan hormon yang mirip dengan hormon oksitosin pada kurma inilah yang disebut-sebut membantu pemulihan setelah melahirkan.

Membantu produksi ASI
Kurma yang sudah matang ternyata kaya akan zat besi dan kalsium yang bisa membantu produksi ASI menjadi lebih baik. Tak hanya itu, nutrisi kurma membantu pembentukan darah sekaligus tulang sumsum pada bayi semenjak mereka di dalam kandungan.

Baca Juga:  Kini, Madu dan Kurma Tak Lagi Lebih Sehat Dari Gula

Saat memilih kurma, ada baiknya kita memilih yang masih memiliki selaput luar atau kulit ari. Pastikan kurma tidak lengket saat dipegang dan tidak terkena lumuran madu atau gula. Pilihlah yang masih memiliki warna cokelat kemerahan atau merah kekuningan. Kurma yang sudah kehitaman cenderung kurang berkualitas dan kurang bersih.