Segera Bersihkan Bangkai Kecoa di Dalam Rumah Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Terkadang kita menemukan bangkai kecoa pada rumah kita. Karena dianggap menjijikkan, kita cenderung tidak langsung membersihkannya dan baru akan melakukannya bersamaan dengan saat menyapu lantai. Padahal, jika kita membiarkannya dan tidak segera membersihkannya, kita justru bisa meningkatkan resiko terkena serangan asma. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Pakar kesehatan Profesor Faisal Yunus MD, Ph.D yang berasal dari Rumah Sakit Persahabatan menyebutkan bahwa kulit bangkai kecoa ternyata termasuk dalam allergen yang bisa memicu serangan asma. Meskipun terlihat keras, dalam realitanya kulit bangkai kecoa sangatlah rapuh sehingga bisa menyebar ke berbagai tempat. Serpihan dari kulit bangkai kecoa inilah yang bisa memicu serangan asma bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit ini.

Tak hanya kecoa, beberapa jenis binatang lain seperti kutu atau bulu dari kucing juga bisa memicu serangan asma. Karena alasan inilah ada baiknya kita rajin-rajin membersihkan rumah jika memiliki hewan peliharaan.

Ada cukup banyak penyebab serangan asma yang ada di sekitar kita. Sebagai contoh, makanan yang kita konsumsi layaknya kacang, cokelat, dan berbagai jenis makanan lain yang memiliki kandungan bahan pengawet atau penyedap rasa juga bisa memicunya. Untuk es, hal ini tidak akan memicu asma meskipun zat pewarna yang dipakai pada minuman dengan es juga bisa menjadi penyebab serangan asma. Kandungan penyedap rasa dalam bumbu mie instan juga sebaiknya kita waspadai karena bisa menyebabkan masalah pernafasan ini.