Segenggam Kacang Setiap Hari Akan Menjauhkan Kita Dari Berbagai Penyakit Berbahaya

DokterSehat.Com – Ada banyak sekali cara untuk hidup sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Sebagai contoh, kita harus menerapkan gaya hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat setiap hari, berolahraga secara rutin, mendapatkan waktu tidur yang cukup, hingga menghindari aktifitas tidak sehat layaknya merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, pakar kesehatan baru-baru ini juga menemukan satu cara lain yang jauh lebih mudah untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi segenggam kacang setiap hari.

doktersehat-kacang-almond-diet

Dagfinn Aune, pakar kesehatan yang berasal dari Imperial College London, di Inggris, menyebutkan jika mereka yang mengkonsumsi satu genggam kacang, atau sekitar 20 gram kacang panggang, setiap harinya, akan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya secara signifikan. Menurut beliau, andai kita rutin mengkonsumsi camilan sehat ini, maka resiko terkena penyakit jantung bisa menurun hingga hampir 30 persen, resiko kanker menurun 15 persen, resiko diabetes menurun 40 persen, resiko kematian dini menurun 22 persen, dan resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit pada saluran pernafasan juga ikut turun hingga 50 persen.

Menurut Aune, penelitian yang ia lakukan menghasilkan fakta dimana konsumsi kacang memang memberikan dampak positif yang sangat signifikan bagi kesehatan tubuh, bahkan andai konsumsi tersebut hanya segenggam kacang saja dalam sehari.

Aune menyebutkan jika dalam penelitian ini, Ia melibatkan puluhan orang sebagai partisipan yang diminta untuk mengkonsumsi semua jenis kacang secara rutin setiap hari. Para partisipan ini kemudian secara rutin dicek kondisi kesehatannya dalam jangka panjang. Diketahui bahwa konsumsi kacang-kacangan ternyata sangat baik bagi tubuh karena mampu melawan stres oksidatif, salah satu pemicu utama dari beberapa penyakit berbahaya, khususnya kanker.