Segelas Jus Tomat Sehari, Bisa Mencegah Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Kanker payudara adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh pada jaringan payudara dimana jika dibiarkan begitu saja semakin lama akan tumbuh mengganas bahkan bisa sampai merusak jaringan payudara. Penyakit kanker payudara telah lama menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita, karena payudara adalah salah satu asset penting bagi kaum wanita yang senantiasa harus dijaga dan juga dirawat.



Kanker payudara bisa dicegah dengan asupan jus tomat. Minumlah segelas sehari karena bisa meningkatkan jumlah hormon yang bisa mencegah penyakit.

Para peneliti Amerika Serikat mengatakan, makan banyak tomat dan produk mengandung tomat banyak keuntungannya. Bahkan dalam waktu singkat.

Peneliti menambahkan, wanita bisa dengan mudah mengonsumsi sejumlah tomat. Misalnya, segelas jus tomat setiap hari berisi sejumlah lycopene, zat aktif yang diyakini memiliki efek besar.

Lycopene memberikan warna merah pada tomat dan diyakini membantu mencegah kanker prostat. Anda yang tak suka jus tomat, bisa mencoba semangkuk sup tomat, ditambah saus tomat dengan pastanya dan sesendok kecap sehari.

Para peneliti dari Rutgers University di New Jersey, mengukur kadar hormon pada 70 wanita usia 55 tahun lebih, sebelum dan sesudah konsumsi tomat selama 10 minggu.

Semua yang kelebihan berat badan atau memiliki kerabat yang memiliki kanker payudara, berisiko tinggi terkena penyakit itu.
Seperti laporan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, sejumlah lycopena dalam segelas jus tomat sehari meningkatkan kadar hormon adiponektin sebanyak 9 persen.

Adiponektin terlibat dalam mengatur kadar lemak dan obesitas yang bisa meningkatkan kemungkinan kanker payudara. Hormon meningkat paling banyak pada wanita kurus.

Temuan ini menunjukkan pentingnya mencegah obesitas, kata peneliti Adana Llanos seperti dikutip Dailymail, Kamis (19/12/2013).

Baca Juga:  Cara Mencegah Kanker Secara Alami

Dengan mengonsumsi makanan kaya tomat, berdampak lebih besar pada tingkat hormon terutama pada wanita yang mempertahankan berat badan agar sehat.