Sedang Marah? Redakan Dengan Makanan-Makanan Lezat Ini

pisang-hijau-doktersehat
Photo Credit: Todd Klassy

DokterSehat.Com– Ternyata, apa yang kita makan bisa mempengaruhi emosi kita. Sebagai contoh, jika kita sedang┬ádalam kondisi marah dan uring-uringan dan justru setelahnya mengkonsumsi daging atau makanan kaya protein lainnya, maka kita akan jauh lebih mudah untuk mengeluarkan emosi negatif jika dibandingkan dengan saat mengkonsumsi sayur dan buah.

Untungnya, ada beberapa makanan yang justru bisa membuat kita meredakan amarah dan menenangkan emosi. Apa sajakah makanan tersebut?

Buah pisang
Pisang ternyata kaya akan kandungan dopamine yang bisa meredakan stress, memperbaiki suasana hati, dan menenangkan pusat saraf. Kandungan vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C di dalam buah pisang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dark chocolate
Dark chocolate atau cokelat hitam bisa merangsang otak untuk melepaskan hormon serotonin dan endorphin yang baik dalam menurunkan rasa cemas dan stress. Setelah memakannya, pikiran akan lebih tenang dan kita tak lagi uring-uringan.

Teh chamomile
Teh chamomile kaya akan kandungan antioksidan dan flavonoid yang bisa membuat sistem saraf menjadi lebih tenang dan membuat kita meredakan amarah dengan efektif.

Minum kopi
Tak hanya teh yang bisa menenangkan pikiran, kopi juga bisa menurunkan amarah karena memiliki neurotransmitter yang mempengaruhi suasana hati sehingga membuat kita lebih tenang menghadapi masalah.

Sayur bayam
Bayam ternyata kaya akan kandungan serotonin, semacam hormon yang mampu memperbaiki suasana hati dan meredakan emosi negatif dengan efektif.

Kentang
Umbi-umbian yang kaya karbohidrat dan vitamin B ini ternyata memiliki kemampuan meredakan stress, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki emosi.

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, cobalah untuk mencuci muka, mengambil nafas panjang, pergi ke taman atau setidaknya jendela yang menyajikan pemandangan alam agar kita bisa meredakan amarah dengan cepat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik