Sedang Haid? Hindari Hal-Hal Berikut Agar Tubuh Nyaman

DokterSehat.Com – Banyak wanita yang mengeluhkan rasa yang tidak karuan pada tubuhnya saat haid tiba. Dalam realitanya, menstruasi memang mampu membuat fisik sekaligus psikis wanita dalam kondisi yang kurang baik. Agar wanita merasa nyaman dan tetap mampu melakukan bhaiuerbagai aktifitas selama haid, ada baiknya wanita menghindari beberapa hal berikut ini.

doktesehat-mens-haid-sakit-perut

Mengkonsumsi minuman yang mengandung susu
Memang susu hangat akan sangat nikmat untuk dikonsumsi di pagi hari atau di malam yang dingin. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, minuman berbahan susu dari susu hangat, kopi susu, cappuccino, dan minuman lainnya justru sebaiknya tidak dikonsumsi wanita yang sedang haid mengingat hal ini akan mampu membuat kram perut menjadi semakin parah. Kandungan asam arakidonat pada susu lah yang diyakini mampu menyebabkan hal tersebut.

Melakukan olahraga berat
Saat menstruasi tiba, tubuh wanita akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk beristirahat agar menjadi lebih rileks. Andai wanita melakukan olahraga berat, maka tubuhnya tentu akan semakin terasa tidak karuan dan pegal-pegal. Lakukan olahraga yang cenderung santai layaknya berjalan saja selama fase menstruasi.

Kurang tidur
Wanita yang sedang dalam fase menstruasi sebaiknya memastikan dirinya tidur dengan cukup agar tubuh bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas. Jangan memaksakan diri untuk menonton film kesayangan hingga larut malam karena justru akan membuat tubuh terasa semakin tidak nyaman saat bangun di pagi hari.

Membatasi asupan makanan
Pakar kesehatan menyebutkan jika selain membuat tubuh terasa tidak karuan, menstruasi juga akan membuat wanita kehilangan cukup banyak darah. Agar tubuh tidak mudah lemas karena hal ini, ada baiknya wanita tetap mengkonsumsi makanan dengan cukup dan bergizi. Selain itu, pastikan wanita juga mengkonsumsi cukup banyak serat dari buah dan sayuran serta memastikan konsumsi air putih harian cukup.