Sedang Belajar Bahasa Asing? Minum Ini Saja Agar Lebih Cepat Mahir

DokterSehat.Com– Mengkonsumsi minuman tertentu bisa membantu meningkatkan kemampuan dalam belajar bahasa asing sepertinya bukanlah hal yang berkaitan. Namun, penelitian ini justru mengungkapkan fakta sebaliknya. Bagaimana tidak, dalam penelitian yang dilakukan di University of Liverpool, Inggris ini, disebutkan bahwa konsumsi satu liter bir bisa membantu mempelajari aksen bahasa asing dengan jauh lebih baik. Kok bisa?



Inge Kersbergen, pakar yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol bisa memberikan efek menguntungkan dalam hal mempelajari bahasa asing. Dalam makalah yang dipublikasikan dalam Journal of Psychoparmacology, disebutkan bahwa konsumsi alkohol juga bisa meningkatkan kemampuan mempelajari bahasa kedua dengan signifikan.

Dalam penelitian ini, para pakar menguji efek minuman alkohol sebanyak 460 mililiter dengan kandungan 5 persen bir pada pria dengan berat badan 70 kg yang sedang belajar Bahasa Belanda. Para peserta yang mengkonsumsi minuman beralkohol ini ternyata cenderung lebih baik dalam mempelajari Bahasa Belanda ini. Bahkan, mereka bisa sampai mempelajari teknik pengucapan dan aksen bahasa baru ini dengan lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol.

Hanya saja, bukan berarti kita bisa dengan enteng mengkonsumsi minuman beralkohol dengan sembarangan. Jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan secara rutin, dikhawatirkan hal ini akan mengganggu fungsi kognitif, motorik, serta fungsi mental eksekutif pada otak yang berpengaruh besar pada daya ingat, perhatian, dan perilaku.