Sebulan Mengalami Haid yang Tak Kunjung Berhenti, Wanita Ini Divonis Terkena Kanker Serviks

DokterSehat.Com – Salah satu tanda-tanda dari masalah kesehatan pada kaum hawa adalah menstruasi yang muncul dengan frekuensi atau durasi yang berbeda dari biasanya. Hal yang sama terjadi pada Tating Tarmilah. Ia mengalami fase menstruasi yang tak kunjung berhenti hingga satu bulan lamanya. Tak hanya berdurasi sangat lama, perut bagian bawahnya juga terasa nyeri. Pada awalnya, Ia hanya berpikir jika hal ini disebabkan oleh konsumsi pil KB. Namun, begitu diperiksakan ke dokter, Ia ternyata divonis memiliki kanker yang sangat ditakuti oleh kaum hawa, yakni kanker serviks.

doktersehat-wanita-kanker-serviks-rahim

Sebenarnya, sebelum memeriksakan diri ke dokter, menstruasi yang Tating alami sempat berkurang. Namun, Ia terkadang mengalami keputihan dengan bau yang cukup menyengat dan cairan yang keluar juga cenderung sangat kental. Keputihan ini sendiri sama sekali tidak membaik meskipun Ia sudah mengkonsumsi obat-obatan. Barulah setelah dokter memeriksakannya dengan tes USG dan papsmear, diketahui jika Ia ternayta terkena kanker serviks dengan stadium 2B.

Mengingat penyakit kanker serviks ini sangat berbahaya dan bisa mematikan andai tidak ditangani dengan benar, dokter pun merekomendasikan Tating untuk segera melakukan terapi. Ia pun menyanggupi hal ini dan akhirnya menjalani terapi radiasi luar 25 kali, radiasi dalam sebanyak 3 kali, dan sekali melakukan kemoterapi. Saat melakukan terapi tersebut, Ia mengaku mengalami efek samping layaknya lecet-lecet pada selangkangan, mual-mual, hingga kadar hemoglobin dalam darah yang turun drastis.

Karena kondisi kesehatannya ini, Tating mengaku sampai dua bulan tidak mampu bekerja. Beruntung, berkat dukungan dari keluarga dan teman-teman, Ia pun tetap tabah untuk menjalani pengobatan ini. Tak hanya terapi untuk menghilangkan kanker serviks, Tating juga diminta untuk rutin berenang dan fisioterapi agar tulang punggungnya juga terasa lebih baik.

Baca Juga:  Isu Vaksin Kanker Serviks Menyebabkan Menopause Dini Tidak Benar Adanya

Setelah melakukan perjuangan yang luar biasa ini, Ia terbebas dari kanker yang terkenal mematikan ini. Memang kadangkala sesekali masih keluar cairan bening dari organ vitalnya yang tentu agak merepotkan dan terasa tidak nyaman. Namun, hal ini tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan memiliki kanker serviks yang sangat mengerikan.