Sebuah Desa Didirikan Khusus Bagi Penderita Alzheimer

DokterSehat.Com – Masyarakat di seluruh dunia semakin waspada dengan penyakit Alzheimer dan demensia yang kini semakin banyak menyerang para lanjut usia. Melihat adanya hal ini, pemerintah Perancis pun memutuskan untuk membangun sebuah desa yang memang diperuntukkan khusus bagi para penderita kedua penyakit tersebut. Seperti apakah desa yang unik ini?

doktersehat-couple-orang-tua-alzheimer-jalan-sehat

Sebagai informasi, penyakit Alzheimer dan demensia adalah penyakit yang ditandai dengan menurunnya daya ingat hingga gangguan fungsi otak lainnya yang tentu akan menurunkan kualitas hidup seseorang dengan signifikan. Beruntung, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta dimana kualitas dan atmosfer bangunan serta lingkungan tempat tinggal para penderita Alzheimer dan demensia bisa memperlambat dampak kerusakan yang dibuat oleh kedua penyakit ini sehingga para pasien pun bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Melihat adanya fakta ini, NORD Architects membantu pemerintah Perancis untuk membangun desa khusus penderita Alzhimer dan demensia di kota Dax, barat daya dari negeri mode ini. Konsep yang ditawarkan oleh NORD Architects sangatlah menarik mengingat penderita Alzheimer akan menemukan ketenangan dan kedamaian saat tinggal di desa tersebut. Para arsitek juga melakukan pendekatan unik dalam membuat berbagai fasilitas kesehatan, gedung-gedung, hingga rumah baru bagi penderita Alzheimer dan demensia pun bisa mendapatkan kebutuhan personalnya dan mendapatkan atmosfer layaknya tinggal di rumah yang memang akan sangat membantu pasien alzheimeer dan demensia mendapatkan penanganan medis dengan tepat.

Desa yang dikhususkan bagi penderita Alzheimer dan demensia ini akan dilengkapi dengan berbagai tempat yang menyediakan kebutuhan sehari-hari pasien layaknya rumah tinggal, toko, tempat potong rambut, restoran, hingga pusat budaya. Berbagai hal ini akan melengkapi adanya terapis dan tempat pelayanan medis yang diklaim hanya akan memakan biaya yang murah namun memberikan pelayanan yang maksimal.