Seberapa Sering Sebaiknya Kita Mencuci Wajah?

DokterSehat.Com – Setiap orang, baik itu pria maupun wanita, tentu akan mengharapkan wajah yang bersih, sehat, segar, dan berseri sepanjang hari. Dengan wajah yang sehat dan segar, kita tentu akan mendapatkan rasa percaya diri yang jauh lebih baik. Untuk memastikannya, kita pun harus pandai-pandai merawat wajah dengan membersihkannya secara rutin. Hanya saja, masih belum ada patokan yang tepat mengenai seberapa sering kita bisa membersihkan wajah setiap hari. Padahal, jika kita mencuci wajah terlau sering dengan sabun, dikhawatirkan kulit wajah justru akan menjadi lebih kusam dan kering.

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

Banyak orang yang melakukan pencucian kulit wajah dengan sabun setidaknya dua kali saat mereka mandi dan sekali sebelum tidur. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan jika setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda sehingga membutuhkan jenis perawatan yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, mereka yang memiliki wajah yang sangat berminyak, maka akan lebih baik mencuci wajah dengan sabun setidaknya tiga hingga empat kali dalam sehari. Sementara itu, jika kadar minyak pada kulit wajah cenderung biasa saja, maka tiga kali pencucian dengan sabun sudah dirasa cukup untuk menjaga kebersihan wajah. Jika kita memiliki kulit yang cenderung kering, maka kita pun bisa mengurangi frekuensi pembersihan wajah hingga dua kali saja, dan jika diperlukan, kita bisa memakai pelembab yang bisa membuat kulit menjadi bersih dan segar.

Kulit wajah yang sering terkena bahan kimia sabun dikhawatirkan bisa mengalami kerusakan dan menyebabkan masalah kulit layaknya jerawat atau bahkan ruam-ruam kemerahan. Melihat hal ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mencuci wajah seperlunya saja dan yang penting memastikan jika saat bangun tidur dan sebelum tidur kulit wajah kita berada dalam kondisi yang bersih. Hanya saja, jika anda memang memiliki perawatan khusus, layaknya saat sedang menangani jerawat, maka pembersihan yang jauh lebih sering akan diperbolehkan, asalkan sesuai dengan saran dokter.

Baca Juga:  Perlukah Kita Melakukan Suntik Botox?

Selain pembersihan dengan sabun, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk menambah asupan makanan yang bergizi bagi kulit dan juga air putih yang cukup sehingga kulit wajah pun ternutrisi dengan baik dan akan semakin sehat, segar, dan bersih.