Seberapa Sering Kita Harus Mengganti Sprei?

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang tidak begitu memperhatikan sprei yang mereka gunakan di kamar. Asalkan masih terlihat bersih dan tidak berbau, maka sprei masih bisa digunakan meskipun sudah berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu tidak diganti. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita kerap mengganti sprei yang kita gunakan pada tempat tidur.

dotersehat-kamar-tidur-alergi

Maeve Richmond, seorang pakar penataan rumah dari Maeve’s Method menyebutkan bahwa layaknya pakaian yang kita gunakan, beberapa bahan kain lainnya seperti sprei, handuk, atau bahkan gorden yang kerap kita gunakan di dalam rumah juga sebaiknya diperhatikan kebersihannya. Memang, produk seperti gorden bisa kita biarkan untuk tidak dicuci selama berminggu-minggu atau beberapa bulan, namun, untuk produk kain yang menyentuh kulit layaknya sprei atau handuk, ada baiknya kita mencucinya cukup sering.

Sprei
Maeve menyarankan kita untuk mencuci sprei pada tempat tidur kita setidaknya sekali dalam seminggu atau dua minggu. Hal ini bergantung dari penggunaan sprei tersebut. Sebagai contoh, jika anda termasuk orang yang sangat menjaga kebersihan sebelum menggunakan tempat tidur, maka anda bisa mencucinya dengan lebih jarang. Namun, jika anda kerap menggunakannya saat tubuh masih berkeringat atau setelah berolahraga, kerap tidur tanpa menggunakan pakaian, hingga tidur saat dalam keadaan sakit yang membuat sprei bisa saja basah oleh lendir flu atau cairan lainnya, maka ada baiknya sprei dicuci dengan lebih sering.

Handuk mandi
Untuk handuk mandi, Maeve menyarankan kita untuk mencucinya setelah tiga kali dipakai. Meskipun memang didesain sedemikian rupa untuk penggunaan yang berat, dalam realitanya handuk akan mulai berbau setelah beberapa kali dipakai, apalagi jika tidak kita angin-anginkan dengan baik.

Gorden
Untuk gorden yang kita pakai di jendela atau sebagai pembatas ruangan, kita bisa mencucinya dua kali dalam setahun saja. Memang, gorden kerap terpapar debu atau kotoran lainnya, namun, karena gorden cukup jarang bersentuhan dengan kulit, maka kita tidak perlu mencucinya sering-sering. Pengecualian bisa dilakukan jika anda termasuk alergi atau mudah sensitif dengan debu. Anda harus lebih sering mencucinya agar gorden tidak dipenuhi tumpukan debu yang tebal.