Seberapa Sering Bercinta Dalam Sepekan Jika Ingin Cepat Hamil?

DokterSehat.Com– Cukup banyak pasangan yang baru saja menikah dengan cepat langsung dikaruniai kehamilan. Namun, tak sedikit pula pasangan yang sudah mencoba untuk mendapatkan kehamilan hingga bertahun-tahun lamanya tetap tidak mendapatkannya. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah ada frekuensi bercinta yang ideal dalam sepekan jika ingin cepat hamil?

doktersehat-kehamilan-hamil-pregnancy

Pakar kesehatan spesialis kandungan bernama Dr. Med. Dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) menyebutkan bahwa rutin melakukan hubungan intim memang termasuk dalam cara untuk segera mendapatkan kehamilan. Beliau sendiri merekomendasikan pasangan untuk melakukannya setidaknya 3 kali dalam sepekan. Rekomendasi ini berdasar atas beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa peluang keberhasilan untuk hamil dengan frekuensi bercinta tersebut justru jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang melakukannya kurang dari 3 kali dalam sepekan.

Tak hanya memperhatikan seberapa sering berhubungan intim, dr. Damar juga menyarankan pasangan untuk menjaga asupan makanan yang sehat, termasuk dalam hal cara mengolah makanan yang lebih sehat. Sebagai contoh, kita sebaiknya mulai menurunkan asupan gorengan meskipun sebenarnya masih boleh untuk mengkonsumsinya. Selain itu, jika kita menggoreng makanan, minyak yang sudah dipakai dua kali untuk menggoreng sebaiknya tidak dipakai lagi karena sudah kaya akan lemak jenuh. Selain itu, dr. Damar juga menyarankan pasangan untuk mengkonsumsi makanan yang memenuhi asupan protein dan karbohidrat.

Beberapa jenis protein layaknya protein hewani dari daging sapi, daging ikan, dan susu, serta protein nabati dari kacang-kacangan sangatlah direkomendasikan. Selain itu, konsumsi sayuran dan buah secara rutin juga bisa semakin menyehatkan sel telur dan sperma pasangan sehingga meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan.