Seberapa Perlu Sports Drink Saat Olahraga?

DokterSehat.Com Saat akan berolahraga, apakah Anda menyiapkan minuman khusus seperti sports drink? Olaharaga merupakan kebiasaan yang sehat, kebanyakan orang memilih mendukung kebiasaan sehat tersebut dengan mengonsumsi sports drink. Namun, seberapa perlukah sports drink selama berolahraga?

minum-es-setelah-olahraga-doktersehat

Sports drink disebut mampu memberikan performa untuk tubuh, mengatur hidrasi dan asupan yang optimal untuk mendukung olahraga.

Menurut Sports Dietitian Australia, sports drink memang diformulasikan khusus dengan memerhatikan keseimbangan karbohidrat dan elektrolit yang tepat untuk tubuh saat berolahraga.

Beberapa kandungan utama sports drink adalah karbohidrat, elektrolit sodium dan potasium, penambah rasa dan sedikit tambahan zat gizi tertentu misalnya protein atau vitamin.

Karbohidrat, sodium dan potasium merupakan kandungan utama sports drink, yang mampu mendukung keseimbangan energi tubuh. Energi yang masuk dari sports drink tidak menganggu metabolisme energi yang sedang dibakar saat olahraga sehingga tubuh bisa merasakan manfaat olahraga dengan optimal.

Selain itu, keseimbangan elektrolit tubuh akan terdukung karena asupan sodium dan potasium dari sports drink akan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Sehingga konsumsi sports drink selama olahraga memang dianjurkan.

Sports drink dianjurkan diminum selama berolahraga, dengan cara diminum sedikit-sedikit namun sering. Konsumsi sports drink yang berlebihan dan pada waktu yang tidak dapat menyebabkan gangguan seperti:

1. Masalah pencernaan
Jika tidak dikonsumsi dengan tepat maka sports drink akan menyebabkan gangguan pada pencernaan misalnya perut kembung atau terasa tidak nyaman.

2. Masalah pada gigi
Tingkat keasaman sports drink menyebabkan erosi pada gigi. Maka konsumsi sports drink harus sesuai dengan takaran dan gunakan di waktu yang tepat yaitu saat berolahraga.

Untuk itu penting bagi kita memahami bahwa sports drink harus dikonsumsi sesuai dengan takaran dan pada waktu yang tepat yaitu saat akan, sedang dan setelah berolaharaga.

Baca Juga:  Awas, 4 Produk Makanan Ini Ternyata Tidak Sesehat Namanya

Konsumsi sports drink akan mendukung tubuh menghasilkan manfaat olahraga yang optimal, jadi kini siapkan minuman khsusus saat akan berolahraga ya!