Seberapa Lamakah Waktu Ideal Untuk Buang Air Besar?

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika setiap orang memiliki waktu ideal yang berbeda-beda saat melakukan buang air besar. Sebagai contoh, ada orang yang bisa menghabiskan waktu yang sangat singkat di toilet namun sudah menuntaskan semua buang air besarnya. Di sisi lain, ada orang yang harus menunggu cukup lama untuk merasa lega setelah buang air besar. Sebenarnya, adakah waktu yang ideal untuk menentukan seberapa lama buang air besar sebaiknya dilakukan?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan dari University of Pittsburgh, Gregory Thorkelson, MD menyebutkan jika meskipun setiap orang memiliki kecenderungan waktu yang berbeda-beda, ada baiknya buang air besar tidak melebihi waktu seperempat jam atau 15 menit. Jika kebiasaan buang air besar kita melebihi waktu 15 menit ini, dikhawatirkan ada yang tidak benar dalam saluran pencernaan. Menurut beliau, bisa jadi kita mengalami stress parah yang membuat gerakan peristaltik yang mendorong makanan pada usus semakin menurun dan membuat sistem pencernaan melambat sehingga buang air besar pun cenderung lama atau bahkan mengalami konstipasi.

Thorkelson menyarankan kita untuk melakukan buang air besar hanya jika tubuh sudah memberikan sinyal bagi kita untuk segera melakukannya. Hal ini dikarenakan jika kita memaksakan diri untuk buang air besar dan kemudian memaksa perut untuk berkontraksi, maka otot anus akan dipaksa untuk bekerja dan dikhawatirkan justru akan menyebabkan munculnya wasir. Andaipun kita mengalami konstipasi atau kesusahan buang air besar, kita bisa mulai memperhatikan asupan makanan kita setiap hari, khususnya dalam hal apakah kita sudah cukup banyak mengkonsumsi serat atau air putih setiap harinya. Sebagai informasi, serat dan air bisa berpengaruh besar pada proses pencernaan kita.

Baca Juga:  Apa itu Angin Duduk atau Angina

Lantas, bagaimana jika kita buang air besar dengan durasi yang selalu lebih singkat dari 15 menit? Thorkelson menyebutkan jika justru hal ini sangatlah normal dan saluran pencernaan kita tidak perlu dikhawatirkan sama sekali.