Seberapa Lamakah Waktu Ideal Untuk Berhubungan Intim?

DokterSehat.Com – Bagi kaum muda yang baru menikah atau mulai mengenal dunia seksualitas, maka terdapat sebuah anggapan dimana hubungan intim yang ideal dan menyenangkan adalah yang berlangsung cukup lama. Hubungan intim yang terlalu cepat selesai diyakini bisa membuat keharmonisan rumah tangga terganggu. Apakah pemahaman ini benar adanya?

doktersehat-pasangan-seks-couple

Memang, banyak pasangan yang mengeluhkan saat berhubungan intim pasangan pria justru segera mendapatkan ejakulasi sehingga pasangan pria pun akan merasa kurang puas. Namun, beberapa wanita juga mengeluhkan pasangan prianya yang bisa “bertahan” dalam waktu yang sangat lama karena merasa lelah, bosan, hingga tidak nyaman dengan gesekan yang terlalu lama pada organ vitalnya. Hal ini berarti, waktu ideal berhubungan intim bagi setiap orang pun berbeda-beda dan tidak bisa digeneralisasikan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Canadian and American Sex Therapist Perception of Normal & Abnormal Ejaculatory Latencies menunjukkan fakta dimana rata-rata pasangan yang berhubungan intim hanya berlangsung selama 3 hingga 7 menit saja. Memang, perhitungan lamanya berhubungan intim ini hanya berdasarkan waktu penetrasi saja, tidak termasuk foreplay. Namun, waktu ini cenderung sangat singkat dengan bayangan beberapa orang yang berpikir jika hubungan intim bisa berlangsung hingga berjam-jam lamanya.

Pakar kesehatan seksual Barry W McCarthy berkata jika dalam realitanya, hanya sedikit pasangan yang mampu berhubungan intim lebih lama dari 12 menit. Banyak pasangan yang berkata jika meskipun waktu rata-rata berhubungan intim hanyalah 3 hingga 7 menit saja, asalkan mereka melakukan foreplay yang cukup lama dan menyenangkan, maka hubungan intim pun sudah cukup memberikan kepuasan dan rasa rileks bagi kedua pasangan. Banyak pasangan yang bahkan mengeluhkan waktu berhubungan intim yang lebih dari 13 menit sebagai waktu yang terlalu lama dan membosankan.

Baca Juga:  Mengapa Ada Pasangan yang Memakai Pelumas Saat Berhubungan Intim?

Terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi lamanya waktu berhubungan intim. Dari mood, faktor kelelahan, fisik, hingga faktor lingkungan bisa mempengaruhinya. Hal ini berarti, kita tidak bisa langsung mengklaim pasangan pria kurang handal dalam bercinta hanya karena waktu bercintanya terlalu cepat. Bisa jadi terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya.