Seberapa Lamakah Idealnya Kita Mencuci Tangan?

doktersehat-cuci-tangan
pic credit: peapod labs

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu mencuci tangan setelah masuk ke toilet, menyentuh daging mentah, atau saat tangan kita kotor karena menyentuh berbagai benda seperti gagang pintu. Hanya saja, sebenarnya seberapa lamakah waktu ideal untuk mencuci tangan?

Dilansir dari Boldsky, para ahli dari Center for Disease Control and Prevention, Badan Pencegah dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat menyarankan kita untuk mencuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik. Durasi waktu itu disebut-sebut sudah cukup untuk menghilangkan berbagai mikroba pathogenic dengan efektif.

Melihat adanya fakta ini, kebiasaan banyak orang yang mencuci tangan hanya dalam waktu beberapa detik saja dianggap kurang efektif untuk menghilangkan berbagai bakteri berbahaya pada tangan. Meskipun memakai sabun, ada banyak bakteri yang tersembunyi di sela-sela kulit yang tidak akan tersentuh oleh sabun tersebut.

Selama 20 detik kita mencuci tangan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membaginya dalam empat tahap. Tahap pertama adalah mencuci bagian punggung telapak tangan selama 5 detik. Setelahnya, kita harus membersihkan jari-jari tangan dengan bersih hingga ke sela-selanya selama 5 detik. Jangan lupakan pula untuk membersihkan kuku jari selama 5 detik sebelum akhirnya membersihkan ibu jari, bagian yang paling sering kita lupakan saat mencuci tangan.

Pertanyaan lain pun muncul, mana yang lebih efektif dari mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hand sanitizer dengan kadar alkohol 60 persen baik untuk digunakan saat kita sedang dalam perjalanan jauh atau tidak mudah menemui tempat mencuci tangan. Hanya saja, jika kita bisa menemukan tempat mencuci tangan, ada baiknya kita tetap menggunakan air dan sabun.

Sobat Sehat selalu rutin mencuci tangan kan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik