Seberapa Lama Tubuh Bisa Bertahan Andai Terus Bekerja Tanpa Tidur?

DokterSehat.Com – Kasus meninggalnya dr. Stefanus Taofik yang disebut-sebut karena terus bekerja tanpa mendapatkan istirahat yang cukup masih menjadi perbincangan banyak orang. Memang, dugaan penyebab kematian ini sudah dibantah pihak terkait. Namun tetap saja ada salah satu hal yang masih banyak dibahas banyak orang, yakni tentang seberapa lama tubuh bisa bertahan andai terus bekerja tanpa beristirahat atau tidur.

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

Pakar kesehatan dr. Andri yang merupakan spesialis kesehatan jiwa dari Rumah Sakit Omni Alam Sutera di Tangerang menyebutkan bahwa normalnya, tubuh manusia tentu tidak akan mampu bertahan untuk terus terjaga atau bekerja dalam waktu 24 jam. Kita pasti akan merasakan lelah atau mengantuk sehingga akan membutuhkan waktu tidur yang lama. Karena alasan inilah kebanyakan tempat kerja hanya akan mempekerjakan pegawai selama 8 jam sehari meskipun dalam banyak kasus ada pekerja yang melakukan lembur sehingga bekerja lebih lama dari waktu tersebut. Selain itu, ada juga kasus dimana ada tenaga medis yang harus tetap berjaga selama 36 jam dengan waktu istirahat yang minim.

Dr. Andri sendiri menyebutkan bahwa 36 jam adalah waktu rata-rata yang dilakukan oleh para tenaga medis untuk berjaga. Meksipun terlihat sangat lama dan tidak manusiawi, biasanya mereka yang berjaga juga tidak sendirian sehingga bisa tetap tidur meskipun harus bergantian. Hanya saja, jika sewaktu-waktu ada kasus penting atau kondisi gawat, maka mereka yang tidur juga harus segera siap sedia menolong pasien.

Jika kita sudah merasa lelah atau mengantuk, dr. Andri menyarankan kita untuk segera tidur karena tidurlah yang bisa mengatasi rasa lelah atau kantuk tersebut, bukannya mengkonsumsi kopi, suplemen, atau minuman berenergi. Selain itu, di siang hari, kita juga bisa menyempatkan diri untuk tidur sebentar selama 15 hingga 30 menit agar bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca Juga:  Masih Suka Minum Soda? Awas, Anda Bisa Terkena Masalah Susah Tidur

Lantas, apa yang terjadi jika kita benar-benar terus terjaga tanpa tidur sama sekali dalam 36 jam? Dr. Andri berkata bahwa kita akan mulai mengalami halusinasi, penurunan konsentrasi, dan kerap melakukan kesalahan. Jika diteruskan, maka tubuh pun bisa jatuh sakit.