Seberapa Lama Susu Bisa Disimpan Sebelum Akhirnya Basi?

DokterSehat.Com– Ada sebagian orang yang menyebutkan bahwa susu sebaiknya segera dihabiskan setelah wadahnya dibuka. Namun, ada pula orang yang menyebutkan bahwa susu masih tetap aman untuk dikonsumsi hingga jam kadaluwarsanya habis asalkan disimpan di lemari es. Manakah dari pendapat ini yang benar?

doktersehat-susu-keju-telur

Laman Eat By Date menyebutkan bahwa kebanyakan produk susu mampu bertahan hingga 4-7 hari asalkan disimpan di lemari es. Jika wadah ini bahkan belum dibuka sama sekali, susu bisa bertahan hingga 5-7 hari. Sementara itu, susu berjenis skim bisa bertahan hingga 7 hari jika disimpan di lemari es.

Meskipun begitu, ada baiknya memang kita tidak membiarkan susu tidak kunjung dikonsumsi hingga mendekati tanggal kadaluwarsanya atau jauh hari setelah kita buka wadahnya karena bisa membuat kesegaran atau kualitas terbaiknya sudah menurun dengan signifikan. Alhasil, meskipun tetap aman untuk dikonsumsi, kita tidak benar-benar mendapatkan manfaat sehat dari susu tersebut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), menyarankan kita untuk tidak membiarkan susu berada di luar lemari es selama dua jam karena kualitasnya sudah menurun dengan signifikan. Selain itu, mereka juga menyarankan kita untuk tidak menempatkan susu di pintu lemari es karena di posisi inilah kita akan kerap membuka dan menutupnya sehingga susu pun kerap mengalami perubahan suhu yang drastis. Hal ini ternyata bisa memicu perkembangan bakteri pada susu tersebut menjadi lebih cepat.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara menyimpan susu yang tepat agar kita bisa tetap mendapatkan kesegaran dan nutrisi terbaiknya?