Seberapa Lama ASI Perah Boleh Disimpan?

DokterSehat.Com– Cukup banyak ibu menyusui yang menyadari pentingnya ASI bagi perkembangan buah hatinya. Meskipun mereka bekerja di kantor, mereka akan memilih untuk memerah ASI yang nantinya bisa disediakan bagi buah hatinya alih-alih memilih untuk memberikan susu formula. Banyak ibu yang memerah ASI dalam jumlah yang sangat banyak sehingga bisa memenuhi lemari es. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya seberapa lamakah ASI boleh untuk disimpan sebelum diberikan pada bayi?

asi-perah-doktersehat

Pakar kesehatan Abigail Morakinyo yang merupakan pendiri Health in Check menyebutkan bahwa ternyata ada batasan untuk menyimpan waktu. Berikut adalah batasan tersebut.

ASI yang disimpan pada suhu ruangan
Setelah memerah ASI, ada baiknya susu ini disimpan pada botol steril. Jika kita menempatkannya di suhu ruangan, ASI ini bisa bertahan dalam waktu sekitar 4 jam.

ASI yang disimpan pada kulkas
Jika kita menyimpan ASI di kulkas atau lemari es setelah ditempatkan di dalam botol steril, maka ASI ini ternyata bisa disimpan hingga 5 hari. Hanya saja, pastikan untuk mengatur suhu kulkas di bawah 2-4 derajat Celcius.

ASI yang disimpan dalam mesin pendingin atau freezer
Jika kita memang sengaja memompa ASI dalam jumlah yang banyak, ada baiknya kita menyimpannya di freezer khusus yang bersih dan tidak dicampur dengan bahan makanan lain seperti daging misalnya. Dengan menempatkan ASI perahan di freezer, maka ASI ini bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya. Hanya saja, pastikan untuk memberikan label tanggal waktu ASI ini dipompa agar kita bisa menggunakan ASI yang lebih dulu dipompa. Setelahnya, kita tinggal menghangatkan ASI sebelum diberikan pada bayi.

Abigail menyebutkan bahwa ASI yang sudah dihangatkan sebaiknya segera dihabiskan dan tidak lagi dibekukan.