Seberapa Besarkah Pengaruh Trigliserida Terhadap Asam Urat

DokterSehat.Com – Rasanya info ini akan menjadi sangat penting bagi banyak orang, terutama bagi yang sudah merasakan gejala penyakit asam urat di tubuhnya. Sebenarnya, penyakit asam urat adalah kondisi dimana kada purin berlebih mengalami penumpukan di berbagai persendian. Selain itu, masih banyak sebab lain yang menjadi penyebab seseorang terserang asam urat, baik dari konsumsi makanan yang tidak sehat, pola makan yang tidak seimbang, dan lain sebagainya.



Trigliserida merupakan sejenis lemak darah yang ditemukan dalam makanan yang terdapat pada tubuh manusia. Jenis lemak darah ini memiliki fungsi yang baik jika kadarnya seimbang, yaitu dapat membuat tubuh menghasilkan energi setelah melewati proses pembakaran dalam tubuh. Namun saat kadarnya terlalu tinggi, maka yang terjadi adalah masalah yang harus ditanggulangi dengan baik. Sebab kalau tidak, hal ini bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, kadar gula darah yang semakin meningkat, dan terjadinya penumpukan lemak di daerah pinggang.

Pengaruh trigliserida terhadap asam urat secara langsung adalah bahwa penderita asam urat setelah diperiksa secara medis umumnya banyak yang memiliki kadar trigliserida tinggi. Mana yang menjadi penyebab dan mana yang menjadi akibat belum diketahui pasti secara ilmiah, namun berdasarkan penelitian yang dilakukan keduanya akan berpengaruh satu sama lain dikarenakan berbagai hal, antara lain :

  • Resistensi inslin
    Saat resistensi insulin sudah terlalu tinggi tingkatnya, maka penyerapan asam urat akan semakin tinggi, khususnya di ginjal. Hal ini pun bisa meningkatkan kadar trigliserida
  • Gaya hidup yang tidak sehat
    Kebiasaan ini sangat banyak mempengaruhi kadar trigliserida dan asam urat. Manusia sudah banyak yang tidak mempertimbangkan makanan yang dikonsumsi, tidak mengindahkan kebutuhan istirahat, dan malas untuk melakukan olahraga.
  • Konsumsi alkohol
    Hampir sebagian besar orang di seluruh dunia sudah terbiasa dengan konsumsi minuman ini. Padahal kalau ditinjau dari segi medis, minuman ini adalah salah satu jenis yang harus dihindari.