Seberapa Banyak Waktu yang Didapatkan Ibu yang Bekerja Untuk Bersama Dengan Anaknya

DokterSehat.Com– Menjadi ibu yang bekerja masih menjadi hal yang kontroversial di Indonesia. Masih ada orang yang menganggap mereka sebagai pribadi yang egois karena mengejar karier dan justru meninggalkan waktu berharganya bersama dengan anak yang masih berkembang. Namun, cukup banyak pula orang yang menganggap ibu yang bekerja ini melakukannya demi memenuhi kebutuhan keluarga, khususnya anak-anaknya. Sebenarnya, seberapa banyakkah waktu yang didapatkan oleh ibu yang bekerja saat bersama dengan anak-anaknya setiap hari?

doktersehat-anak-orangtua

Sebuah survey pun dilakukan oleh perusahaan konsultan manajemen bernama Gallup pada tahun 2016 lalu di Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa 54 persen ibu bekerja yang memiliki anak dengan usia kurang dari 18 tahun ternyata lebih ingin berada di rumah dan menemani anaknya daripada bekerja di kantor. Kebanyakan dari ibu yang bekerja ini mengalami rasa bersalah akibat dari harus meninggalkan anak-anaknya demi mencari nafkah, tidak mendidik anak dengan maksimal, dan tidak bisa melihat perkembangan buah hatinya setiap saat.

Menurut penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Journal of Marriage and Family yang dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2015 lalu, dihasilkan fakta yang cukup mengejutkan mengenai waktu yang didapatkan ibu bekerja bersama anak-anaknya yang ternyata cenderung sama saja dengan yang didapatkan ibu yang berada di rumah. Tanpa diduga, kebanyakan ibu rumah tangga juga sibuk dengan pekerjaan rumah tangganya di siang hari sehingga tidak benar-benar selalu berada dekat dengan anaknya. Jika anak sudah bersekolah, waktu bertemu dengan anak juga cenderung hanya saat sebelum berangkat dan setelah pulang sekolah, itupun jika anak masih ingin bermain di luar rumah setelah sekolah, ibu juga tidak bisa melihatnya. Jumlah waktu ini cenderung setara dengan yang dimiliki oleh ibu yang bekerja.

Baca Juga:  Berbagai Manfaat Menonton Film Kartun di Akhir Pekan

Yang membedakan adalah kualitas pertemuan antara ibu dan anak. Karena alasan inilah sebaiknya ibu selalu memaksimalkan waktunya dengan buah hatinya setelah pulang kerja, saat malam hari, atau saat sedang akhir pekan atau liburan agar kedekatan emosional keduanya tetap terjaga.