Seberapa Banyak Uang yang Dibuang Perokok Seumur Hidupnya?

DokterSehat.Com– Merokok telah dikenal luas sebagai aktifitas yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan ini, baik itu penyakit jantung, stroke, kanker, gangguan pernafasan, impotensi, dan berbagai penyakit lainnya. Sayangnya, kandungan nikotin pada rokok membuat penghisapnya menjadi kecanduan dan sulit untuk berhenti. Tak hanya itu, pola pikir yang menganggap rokok sebagai hal yang jantan dan keren membuat semakin banyak jumlah perokok di Indonesia.

doktersehat-rokok-bahaya-untuk-kesehatan

Tak hanya merugikan dalam hal kesehatan, rokok juga bisa memberikan banyak kerugian bagi faktor keuangan. Padahal, banyak kaum miskin yang juga tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini. Bayangkan jika mereka yang berasal dari keluarga miskin ini mengalami penyakit yang parah akibat dari rokok dan kesulitan untuk membiayai pengobatannya. Kemungkinan untuk sembuh atau terselamatkan nyawanya tentu akan semakin menurun bukan?

Situs keuangan pribadi WalletHub baru-baru ini mengungkapkan fakta mengejutkan tentang kebiasaan merokok di Amerika Serikat yang juga sangat memprihatikan. Disana, kebiasaan merokok ternyata bisa sangat merugikan secara finansial. Bagaimana tidak, diperkirakan seumur hidupnya para perokok bisa menghabiskan uang sampai 20 miliar rupiah demi memuaskan hasrat menghisap rokok.

Para peneliti tidak hanya memperhitungkan seberapa banyak uang yang dihabiskan untuk membeli rokok, namun juga biaya lain seperti untuk urusan kesehatan yang dipicu oleh kebiasaan merokok sebesar 2,4 miliar rupiah dan penurunan pemasukan hingga 3,2 miliar rupiah akibat tidak masuk kerja karena sakit hingga menurunnya produktifitas kerja, apalagi bagi mereka yang berwiraswasta atau digaji berdasarkan jam kerja atau performa.

Melihat tingginya jumlah uang yang dihabiskan oleh kebiasaan ini, ada baiknya memang kita jauh-jauh dari kebiasaan merokok ini, bukan?