Seberapa Banyak Sayur dan Buah yang Sebaiknya Kita Konsumsi Setiap Hari?

DokterSehat.Com– Untuk menjaga tubuh tetap sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memenuhi asupan gizi harian. Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang cenderung hanya mementingkan rasa kenyang saat makan alih-alih memperhatikan keseimbangan asupan gizi. Sebagai contoh, karena dianggap tidak seenak bahan makanan lainnya, sayuran dan buah-buahan cenderung jarang untuk dikonsumsi. Padahal, kedua bahan makanan ini memiliki banyak sekali gizi dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita.

doktersehat-sayur-sehat-jus

Kementerian Kesehatan RI sendiri melalui program Gerakan Nasional Sadar Gizi menyarankan masyarakat tanah air untuk mengkonsumsi setidaknya 3 hingga 5 porsi sayur dan 2 hingga 3 porsi buah setiap hari agar bisa mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Dengan rutin mengkonsumsinya, tubuh akan semakin sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Bagi anak-anak sendiri, konsumsi sayur dan buah bisa berpengaruh besar bagi kesehatan dan pertumbuhannya.

Rekomendasi Kementerian Kesehatan RI tentang seberapa banyak asupan sayur dan buah yang sebaiknya kita konsumsi setiap hari ini sesuai dengan panduan dari badan kesehatan dunia WHO. Dengan rutin mengkonsumsinya, maka kita akan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya stroke, penyakit jantung, diabetes, serta obesitas. Fakta ini didapatkan dari hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of College London yang menguji kebiasaan makan dari 65 ribu orang yang ada di Inggris dari tahun 2001 hingga 2013. Dari penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi sayuran dan buah sesuai dengan rekomendasi WHO secara rutin setiap hari akan menurunkan resiko kematian hingga 42 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi satu jenis sayuran atau buah setiap hari.

Berikut adalah alasan mengapa kita bisa semakin sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin.

Baca Juga:  5 Hal Yang Membuat Anda Sakit dan Gagal Diet

Kaya akan serat
Sudah menjadi rahasia umum jika buah dan sayur kaya akan kandungan serat. Tak hanya bisa membantu kelancaran proses pencernaan, kandungan serat ini bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sekaligus mencegah datangnya kanker usus besar.

Sumber vitamin yang melimpah
Sayur dan buah juga kaya akan kandungan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, kita bisa menemukan vitamin C yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, vitamin A yang baik bagi kesehatan mata, hingga vitamin D yang membantu proses penyerapan kalsium sekaligus menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kaya akan kandungan mineral
Berbagai mineral bisa ditemukan di dalam sayur dan buah layaknya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, fosfor, dan lain sebagainya. Berbagai mineral ini bisa membantu fungsi sistem yang ada dalam tubuh kita.

Rendah kalori
Buah dan sayur kaya akan nutrisi namun rendah kalori dan lemak. Hal ini tentu akan membuat kita mampu menjaga berat badan tetap ideal andai rutin mengkonsumsinya setiap hari.

Kaya akan kandungan antioksidan
Paparan bahan kimia dari produk yang kita pakai setiap hari, polusi udara, hingga konsumsi makanan yang tidak sehat membuat kita lebih beresiko terkena penyakit berbahaya. Untungnya, dengan mengkonsumsi sayur dan buah, maka kita bisa mendapatkan antioksidan yang tinggi yang membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan efek buruk dari radikal bebas penyebab penyakit.

doktersehat-promkes-depkes-Makanan-Sehat-Gizi-Seimbang

Photo Credit: Promkes Depkes