Seberapa Banyak Porsi Nasi yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sarapan?

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali sumber karbohidrat yang bisa kita konsumsi saat sarapan pagi seperti kentang, roti, ubi, dan lain sebagainya. Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia akan tetap memilih untuk mengkonsumsi nasi yang bisa mengenyangkan dan menyediakan energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Sebenarnya seberapa banyak porsi nasi yang sebaiknya kita konsumsi saat sarapan agar bisa cukup menyediakan energi seharian?

doktersehat-nasi-putih

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa total kebutuhan asupan karbohidrat bagi orang dewasa yang sehat adalah 45 hingga 60 persen dari kebutuhan kalori harian. Hal ini berarti, kita bisa mendapatkan sekitar 20 persen dari kebutuhan kalori total harian tersebut dari sarapan pagi. Sebagai contoh, jika kebutuhan kalori harian kita adalah 2000 kalori, maka kita akan membutuhkan 900 hingga 1200 kalori yang berasal dari karbohidrat. Angka ini setara dengan 225 hingga 300 gram karbohidrat.

Kita ambil 20 persen dari jumlah 225 hingga 300 gram karbohidrat tersebut dan menemukan angka 45 hingga 60 gram. Jumlah itulah yang bisa kita jadikan patokan sebagai porsi nasi yang kita makan saat sarapan pagi. Jumlah ini tidak terlalu banyak, yakni sekitar setengah atau satu porsi nasi yang biasa kita konsumsi atau dua helai roti tawar.

Mengingat sarapan sangat penting untuk menyediakan energi bagi tubuh sekaligus mencegah kenaikan berat badan, ada baiknya memang kita rutin melakukan sarapan pagi dan tetap mengkonsumsi karbohidrat yang bisa membuat kita kenyang dan lebih bertenaga.