Seberapa Banyak Boleh Makan Keripik?

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa berhenti saat makan keripik? Keripik memang menjadi camilan yang membuat kita seakan sulit berhenti mengonsumsinya, ya. Namun sayangnya kita harus pandai-pandai membatasi asupannya karena sebagian besar keripik memiliki kandungan yang tinggi kalori dan natrium.

Tentu ada berbagai jenis keripik yang kandungan gizinya tidak semuanya sama. Maka dari itu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menakar seberapa banyak kita sebaiknya makan keripik yaitu dengan:

1. Memerhatikan takaran saji yang dianjurkan

Keripik kemasan tentu memiliki takaran saji di kemasannya. Takaran tersebut bisa kita manfaatkan untuk menentukan seberapa banyak kita dapat mengonsumsinya.

Sebaiknya konsumsi satu takaran saji untuk satu hari saja ya, jadi jika porsi yang dianjurkan dalam kemasan adalah 10 saji maka keripik tersebut bisa kita konsumsi dalam 10 kali makan dengan jumlah atau porsi yang sama banyaknya.

2. Menakar menggunakan tangkupan tangan kita masing-masing

Amelia Winslow, ahli gizi dari South California menganjurkan agar setiap orang mengonsumsi keripik dalam satu kali makan adalah sebanyak satu tangkupan tangannya saja, dengan jumlah keripik yang cukup (tidak terlalu tinggi/ terlalu sedikit pada tangan).

Hal ini disebutnya lebih efektif dibandingkan dengan memerhatikan takaran saji pada label kemasan. Informasi pada label kemasan menyesuaikan kebutuhan 2000 kkal yang tidak semua orang membutuhkan kalori atau porsi pada jumlah yang sama, sedangkan tangkupan tangan dengan jumlah bisa menjadi ukuran yang cukup baik.

3. Menyesuaikan kandungan gizi per takaran saji dengan kebutuhan gizi tubuh kita

Memerhatikan kandungan gizi dalam setiap takaran saji, dan membandingkan dengan kebutuhan gizi tubuh kita yang sebenarnya, menjadi salah satu cara paling akurat untuk mendapatkan porsi yang tepat untuk konsumsi keripik.

Misalnya tubuh kita membutuhkan 100-200 kalori untuk satu kali camilan dan akan kita dapatkan dari keripik saja maka perhatikan berapa kandungan per saji yang bisa kita makan untuk memenuhi kebutuhan kalori camilan tubuh kita. Jika kebutuhan tubuh cukup tinggi maka bisa jadi kita perlu mengonsumsi dua saji keripik dalam satu kali makan.

Nah, itu dia tiga cara mengetahui seberapa banyak kita boleh mengonsumsi keripik. Cukup mudah dilakukan, kan?