Sebenarnya, Sunat Itu Berpengaruh Gak Sih Bagi Performa Seks Pria?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang bertanya-tanya tentang manfaat dari melakukan sunat atau khitan bagi pria. Kebanyakan orang menganggap hal ini demi menjaga kebersihan mengingat bagian kulup atau ujung kulit penis pria memang rentan menjadi tempat berkumpulnya berbagai bakteri. Hanya saja, apakah sunat juga bisa mempengaruhi performa seks pria?

doktersehat-penis-pria-seks

Sensitivitas
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kulup bisa menutup sepertiga dari batang penis. Yang tidak diduga adalah, adanya kulup pada penis pria yang belum disunat bisa membuat rangsangan seksual meningkat dengan signifikan. Sementara itu, pada pria yang sudah disunat, kulit kepala penisnya cenderung lebih kering dan menebal. Hal ini bisa membuat kesensitifitasannya menurun saat berhubungan intim. Menurut sebuah penelitian di Turki, hal ini ternyata bisa membuat pria lebih baik dalam menunda orgasme hingga 20 detik.

Kebersihan
Pria yang tidak disunat bagian kepala penisnya akan memproduksi cairan yang disebut sebagai smegma. Cairan ini memungkinkan kulup membuka atau menutupi ujung kepala penis. Yang menjadi masalah adalah, jika bagian kulup ini tidak dibersihkan, cairan ini akan menumpuk bersama dengan kotoran, debu, sel kulit mati, hingga bakteri dan akhirnya memicu bau tidak sedap, iritasi, peradangan, hingga infeksi. Hal ini tidak akan terjadi pada kepala penis pria yang sudah disunat.

Pakar kesehatan ginekologi Alyssa Dweck, MD menyebutkan bahwa penis yang sudah disunat cenderung lebih “bersih” sehingga membuat wanita lebih nyaman dan tidak khawatir tertular beberapa jenis bakteri.

Kesehatan
Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa pria yang tidak disunat lebih memungkinkan untuk menularkan berbagai infeksi yang mereka miliki seperti infeksi saluran kencing hingga penyakit kelamin seperti HPV, HIV, herpes genital, dan lain sebagainya. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa pria yang tidak disunat ternyata meningkatkan resiko terkena HIV hingga 2-8 kali lebih banyak.

Baca Juga:  Gangguan Prostat

Jadi, sudah tahu kan manfaat sunat bagi kaum pria?