Sebenarnya, Kuning Telur Itu Baik atau Tidak Sih Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang cenderung lebih suka rasa dan tekstur kuning telur dibandingkan dengan putih telur. Sayangnya, ada yang menyebutkan bahwa kuning telur memiliki kadar kolesterol yang tinggi sehingga sebaiknya tidak berlebihan untuk dikonsumsi. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya kuning telur ini baik atau tidak sih bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-kuning-telur-kolesterol

Para ilmuwan yang berasal dari University of Illinois Urbana-Champaign pun melakukan percobaan dengan cara melibatkan 10 pria berusia muda. Mereka dibagi menjadi dua kelompok dimana satu kelompok diminta untuk mengkonsumsi putih telur saja dan kelompok lain mengkonsumsi telur secara utuh setelah berolahraga.  Sebagai informasi, telur memiliki 18 gram protein dan asam amino yang sangat baik bagi pembentukan otot di setiap butirnya.

Yang menarik adalah, tubuh para pria muda dari kedua kelompok memiliki kemampuan membangun otot dengan baik. Namun, untuk masalah perbaikan dan pertumbuhan otot, kelompok yang makan telur utuh cenderung mengalami proses yang lebih baik dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi putih telurnya saja.

Profesor Nicholas Burd yang merupakan penulis utama dari penelitian yang hasilnya kemudian dirilis dalam American Journal of Clinical Noutrition ini menyebutkan bahwa kuning telur mampu menghasilkan sintesis protein otot yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan putih telur. Selain itu, konsumsi telur secara utuh, termasuk kuning telurnya, akan membuat kita memenuhi kebutuhan asupan protein harian dengan lebih baik. Tak hanya itu, kita juga akan mendapatkan kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin D, kalsium, serta zat besi yang bisa ditemukan dengan kuning telur. Hal ini berarti, jika kita mengkonsumsi putih telur saja, kita tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan telur dengan maksimal.