Sebenarnya, Kopi Baik Tidak Sih Bagi Kesehatan Jantung?

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

DokterSehat.Com– Meskipun dikenal luas sebagai minuman yang bisa menambah semangat dan menghilangkan kantuk, dalam realitanya banyak orang yang khawatir saat minum kopi karena merasakan efek seperti jantung yang berdebar-debar. Melihat adanya efek ini, sebenarnya kopi itu baik atau tidak sih bagi kesehatan jantung?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat minum kopi secara teratur, yakni menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, stroke, demensia, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa minum 2-3 cangkir kopi dalam sehari bisa menurunkan risiko kematian dini dengan signifikan.

Di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan dengan jumlah yang lebih tinggi dari yang ada di dalam cokelat atau teh hijau. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika antioksidan memiliki manfaat dalam melawan peradangan yang bisa menjadi awal mula penyakit berbahaya. Darla Klokeid, MD menyebutkan bahwa dalam jangka pendek, kandungan kafein di dalam kopi juga bisa membuat kita lebih berkonsentrasi, berenergi, lebih fokus, memperbaiki kesehatan mental, dan menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dengan signifikan.

Khusus untuk kesehatan jantung, pakar kesehatan menyebut kopi ternyata mampu mendukung kesehatan salah satu organ paling penting bagi tubuh ini karena kemampuan kopi dalam mencegah peradangan, khususnya pada pembuluh darah arteri. Kandungan polifeonl dalam kopi juga bersifat anti-karsinogenik yang mencegah datangnya tumor.

Hanya saja, penderita masalah gastrointestinal atau insomnia memang sebaiknya tidak minum kopi karena kemampuan minuman ini dalam membuat masalah kesehatan tersebut menjadi semakin parah. Selain itu, jika dikonsumsi dengan berlebihan, kopi juga bisa membuat gelisah, gangguan pada pencernaan, dan jantung berdebar-debar.

Melihat adanya fakta ini, asalkan tidak dikonsumsi dengan berlebihan, kopi memang bermanfaat bagi kesehatan jantung.