Sebenarnya Keju Itu Sehat Atau Tidak Untuk Kesehatan Sih?

DokterSehat.Com– Saat kita sedang menjalani program diet, kita disarankan untuk menurunkan makanan yang kaya akan kandungan kalori atau lemak. Salah satu dari makanan yang perlu kita hindari adalah keju yang sebenarnya kaya akan kandungan kalsium atau protein. Hal ini tentu membuat orang bertanya-tanya, sebenarnya keju itu baik atau tidak bagi kesehatan tubuh kita?

doktersehat-susu-keju-telur

Pakar diet yang berasal dari Academy of Nutrition and Dietetics bernama Kelly Pritchett menyebutkan bahwa keju termasuk dalam makanan yang sehat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalsium, protein, dan seng dalam jumlah yang tinggi. Sayangnya, keju termasuk dalam makanan yang memiliki jumlah kalori yang tinggi sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan porsi yang kecil saja.

Tak hanya jumlah kalorinya yang tinggi, kandungan lemak jenuh di dalam keju juga tergolong tinggi sehingga jika dikonsumsi dengan berlebihan, dikhawatirkan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tak hanya itu, adanya kandungan sodum atau garam dalam bahan makanan ini juga akan meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah jika dimakan dengan berlebihan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi keju dengan berlebihan dan tidak mengkonsumsinya setiap hari demi mencegah asupan kalori atau lemak jenuh dengan berlebihan. Hanya saja, jika anda sedang menjalani program penurunan berat badan, ada baiknya memang kita menghindari bahan makanan ini terlebih dahulu.