Sebenarnya Hujan-Hujanan Itu Baik Atau Buruk Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan oleh anak-anak adalah jika mereka bermain-main di bawah guyuran hujan. Sayangnya, sebagian orang tua justru melarang anak-anaknya untuk tidak hujan-hujanan karena menganggap hal ini bisa membuat mereka jatuh sakit. Sebenarnya, apakah hujan-hujanan memang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan?

doktersehat-anak-kecil-hujan

Laman kesehatan boldsky.com menyebutkan bahwa air hujan adalah air yang masih murni dan belum terkontaminasi berbagai zat lainnya mengingat air ini masih belum tersentuh permukaan benda layaknya tanah, batu, dan lain sebagainya. Karena alasan inilah cukup banyak orang di berbagai belahan dunia yang menampung air hujan agar bisa dikonsumsi sebagai air minum meskipun tetap saja sebaiknya air ini dimasak terlebih dahulu sebelum diminum. Jika ada isu yang menyebutkan jika air hujan kaya akan polutan, isu ini juga masih bisa diperdebatkan.

Tak hanya menyenangkan untuk dilakukan, hujan-hujanan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika kita melakukannya, kelembaban udara yang ada saat hujan turun ternyata bisa membuat kulit menjadi semakin sehat. Tak hanya itu, aroma yang muncul saat hujan, khususnya saat bersentuhan dengan tanah atau yang disebut sebagai petrichor ini juga bisa menenangkan pikiran dan meredakan stress. Selain itu, air hujan ternyata memiliki sifat basa sehingga bisa membantu proses detoksifikasi pada tubuh, membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat, dan membantu menjaga keseimbangan kadar pH di dalam darah.

Pakar kesehatan menyebutkan jika bermain-main di bawah guyuran air hujan ternyata memang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Hanya saja, ada baiknya kita tidak melakukannya terlalu lama karena bisa membuat kita menjadi kedinginan dan pada akhirnya memicu datangnya sakit flu.