Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Dari Munculnya Mata Ikan?

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu adalah mata ikan. Bagaimana tidak, tak hanya membuat rasa tidak nyaman atau nyeri, mata ikan juga bisa sangat mengganggu penampilan. Sebenarnya, apa sih penyebab dari munculnya mata ikan pada tubuh kita?

doktersehat-mata-ikan-clavus-tumit

Pakar kesehatan menyebut mata ikan sebagai clavus, kondisi dimana kulit mengalami penebalan gara-gara gesekan atau tekanan. Tak hanya membuat kulit terlihat menonjol dan jelek, lama-kelamaan mata ikan juga bisa memicu rasa nyeri, apalagi jika muncul di kaki. Bagian kulit yang menonjol ini juga cenderung lebih sensitif jika disentuh.

Sebenarnya, munculnya mata ikan ini disebabkan oleh tubuh yang merespons adanya gesekan atau tekanan yang menyebabkan kerusakan atau lecet pada kulit. Sayangnya, respons ini membuat kulit menjadi lebih tebal dari normal. Seringkali mata ikan disebabkan oleh penggunaan alas kaki yang tidak tepat, khususnya yang terlalu sempit sehingga kerap bergesekan dengan kulit kaki. Tak hanya itu, kebiasaan kerap berdiri, berjalan, atau berlari dalam waktu yang sangat lama juga bisa memicu hal ini. Yang tidak disangka adalah, penggunaan sepatu hak tinggi ternyata juga ikut menjadi penyebab masalah mata ikan.

Kebiasaan lain yang tanpa kita sadari bisa menyebabkan mata ikan adalah kerap bertelanjang kaki saat berjalan yang tentu akan membuat kulit kaki, khususnya bagian telapak, lebih rentan terkena tekanan dan gesekan berlebihan. Tak hanya itu, kebiasaan berolahraga dengan berlebihan juga bisa memicu datangnya masalah kesehatan ini.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita menghindari penggunaan alas kaki yang tidak nyaman atau terlalu sempit demi mencegah gesekan atau tekanan berlebihan pada kulit kaki. Selain itu, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan kita ke dokter jika menemukan mata ikan pada kulit sudah sangat mengganggu atau terasa nyeri.