Sebenarnya, Apa Sih Manfaat Bulan Madu Setelah Acara Pernikahan?

DokterSehat.Com– Pernikahan Kahiyang Ayu, putri dari Presiden Joko Widodo yang akan dilangsungkan besok, 8 November 2017 masih menjadi perbincangan banyak orang. Tak hanya kemeriahan acara pernikahan yang ditunggu-tunggu, banyak orang yang penasaran kemana Kahiyang dan pasangannya, Bobby akan melangsungkan bulan madu.



(All Season Photo)

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube pada tanggal 18 September 2017 lalu, Kaesang Pangarep, adik dari Kahiyang, bertanya pada Bobby dan Kahiyang tentang rencana bulan madu. Sempat dijawab Bobby akan berbulan madu di rumah saja, Kahiyang ternyata tidak terima jika hanya berbulan madu di rumah. Ia ingin mengunjungi tempat yang indah di Indonesia.

Bulan madu memang masih bukan budaya yang banyak dilakukan pasangan yang baru menikah di Indonesia. Namun, beberapa pasangan memang sengaja melakukannya dengan tujuan membuat pasangan bisa menikmati hari-hari pertama pernikahan. Sebenarnya, apa sih manfaat dari melakukan bulan madu ini?

Pakar kesehatan psikologi klinis dewasa bernama Christina Tedja, M.Psi menyebutkan bahwa bulan madu atau honeymoon sebenarnya berarti satu bulan pertama pernikahan yang masih terasa manis layaknya madu. Melakukan bulan madu bisa membuat pasangan mendapatkan waktu untuk melakukan relaksasi setelah pusing, kelelahan, atau bahkan stress selama mempersiapkan acara pernikahan. Tak hanya itu, melakukan bulan madu juga bisa membuat pasangan lebih mengenal satu sama lain sehingga akan menambah keharmonisan rumah tangga.

Meskipun memiliki tujuan yang positif, ada baiknya pasangan tidak memaksakan diri untuk melakukan bulan madu jika memang tidak memiliki waktu atau biaya untuk melakukannya. Jika memaksakan diri, dikhawatirkan mereka harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar dan justru membuat mereka stress nantinya, bukannya mendapatkan relaksasi yang seharusnya didapatkan dari melakukan bulan madu ini.