Sebenarnya, Apa Sih Fungsi Dari Gigi Bungsu yang Bisa Membuat Nyeri Ini?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup menyebalkan bagi mereka yang sudah berusia remaja atau dewasa adalah munculnya rasa nyeri pada gigi karena tumbuhnya gigi geraham bungsu. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika gigi geraham bungsu ini kerap muncul pada usia 17 hingga 25 tahun dan bisa menyebabkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman. Sebuah pertanyaan pun muncul; sebenarnya apa fungsi dari gigi geraham ini mengingat kemunculannya cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan gigi-gigi lainnya?

doktersehat-cara-atasi-sakit-gigi

Pakar kesehatan gigi ternyata menyebutkan jika gigi geraham bungsu ini sangat penting dalam menyelaraskan gusi. Saat tumbuh, biasanya ada empat gigi geraham bungsu yang akan muncul dan membuat tatanan gigi dan gusi menjadi seimbang. Dengan adanya gigi geraham bungsu ini, maka kita akan lebih baik dalam mengunyah makanan dengan lembut dan mencegah gigi mengalami keausan.

Tidak seperti gigi-gigi lainnya, gigi geraham bungsu memang cenderung menimbulkan rasa nyeri saat tumbuh. Menurut pakar kesehatan, munculnya rasa sakit ini disebabkan oleh tatanan gigi manusia yang sebelumnya tak mengalami perubahan selama bertahun-tahun. Begitu gigi geraham bungsu ini ingin keluar, maka Ia akan mendesak atau menggeser tatanan gigi-gigi lainnya sehingga tentu akan memicu munculnya rasa sakit hingga pembengkakan. Untuk mengatasinya, kita bisa mengompres pipi dengan berbagai bahan alami layaknya minyak cengkeh, minyak zaitun, es, atau bahkan garam.

Satu hal yang pasti, gigi bungsu cenderung rentan dengan adanya infeksi, peradangan, hingga permasalah pada gusi. Selain itu, karena letaknya cukup dalam, maka kita harus lebih teliti dalam membersihkan atau merawat gigi bungsu ini agar tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

Banyak kasus dimana karena sulit untuk dijangkau atau dibersihkan, gigi bungsu akhirnya terkena infeksi atau masalah kesehatan lainnya. Jika hal ini terjadi, gigi bungsu sebaiknya dicabut agar tidak menimbulkan masalah yang jauh lebih serius.