Sebenarnya Apa Hubungan Antara Kurangnya Istirahat Dengan Stamina Pria?

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mendengar cerita seseorang yang tiba-tiba pingsan saat bersepeda atau saat bermain bola? Banyak orang langsung menduga bahwa dia mengalami sakit jantung. Hal tersebut tidaklah salah namun tidak sepenuhnya benar juga. Terkadang, seseorang yang dari segi genetik tidak memiliki riwayat penyakit jantung juga bisa mengalami peristiwa tersebut karena kelelahan dan staminanya drop.



Coba bayangkan, bila di siang hari sang pria perkasa harus bekerja banting tulang, malam hari harus kembali menyiapkan stamina, keesokan paginya langsung bermain futsal bersama rekan-rekannya atau malah bersepeda naik gunung, atau masih harus kembali bekerja seperti biasa. Semua kegiatan tersebut menuntut stamina prima.

Bagaimana stamina tetap prima apabila pola istirahat berantakan sedangkan stamina prima didapat dengan istirahat yang cukup dan berkualitas untuk mengembalikan lagi tenaga yang telah terkuras seharian.

Istirahat atau tidur adalah saat bagi mayoritas organ tubuh manusia untuk mencapai kondisi homeostatis agar semuanya kembali normal atau setidaknya menjadi lebih baik. Jika Anda kurang atau bahkan tidak tidur dan memaksakan diri beraktivitas berat, stamina Anda akan drop, kerja jantung akan terganggu sehingga peredaran darah menuju organ vitalpun akan melambat yang membuat keperkasaan pria dalam memuaskan istri menjadi menurun. Selain itu konsentrasipun akan menurun. Anda akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat melakukan aktivitas, termasuk saat mengendarai kendaraan yang mengakibatkan terjadinya banyak kasus kecelakaan lalu lintas.

Karena itu amat penting untuk menjaga stamina untuk tetap prima dengan beristirahat yang cukup dan berkualitas.