Sebelum Minum Obat, Lakukan Cara Alami Ini Untuk Meredakan Sakit Kepala

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi adalah pusing atau sakit kepala. Ada cukup banyak penyebab dari datangnya sakit kepala ini, namun, seringkali hal ini disebabkan oleh stress atau tekanan karena masalah pekerjaan atau berbagai hal lainnya. Mengingat penyakit ini bisa menghambat aktifitas kita sehari-hari, kita sebaiknya segera minum obat sakit kepala untuk mengatasinya. Namun, menurut pakar kesehatan, kita bisa mencoba beberapa trik alami untuk meredakan sakit kepala seperti berikut ini sebelum memilih minum obat.

doktersehat-sakit-kepala-pusing-panik

Menjauhi penyebab sakit kepala
Jika penyebab sakit kepala adalah pekerjaan, maka ada baiknya kita menyingkir sejenak dari ruang kerja dan menenangkan pikiran. Pergilah ke kantin, dekat jendela, atau setidaknya ke taman untuk menghirup udara segar yang bisa membuat sakit kepala mereda.

Menutup mata dan menenangkan pikiran
Jika sakit kepala datang, cobalah untuk menutup mata dan mencoba untuk menenangkan pikiran. Singkirkan berbagai pikiran yang kusut atau permasalahan yang selama ini mengganggu pikiran kita. Setelahnya, cobalah untuk membayangkan hal-hal yang menyenangkan layaknya pemandangan gunung yang hijau atau pantai yang bersih dan segar. Hal ini ternyata cukup efektif dalam mengatasi sakit kepala.

Menyingkir dari smartphone atau gadget lainnya
Cobalah untuk berhenti menatap ponsel, layar komputer, tablet, televisi, dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika peralatan modern ini ternyata bisa menyebabkan sakit kepala sehingga sebaiknya tidak kita gunakan secara berlebihan.

Melakukan latihan pernafasan
Cobalah untuk duduk dengan posisi yang nyaman dan menutup mata. Pusatkan pikiran dan cobalah untuk mengambil dan mengeluarkan nafas dengan pelan-pelan. Jika kita melakukannya setidaknya 10 kali, sakit kepala pun akan berangsur-angsur mereda.

Baca Juga:  Jangan Salah, Pusing dan Sakit Kepala Itu Berbeda

Mandi air hangat
Jika sakit kepala muncul di rumah, cobalah untuk segera mandi air hangat. Mandi air hangat ternyata bisa menenangkan pikiran sekaligus meredakan sakit kepala.