Sebelum Menikmati Teh dan Kopi, Biasakan Untuk Minum Air Putih Terlebih Dahulu

DokterSehat.Com – Menurut sebuah penelitian, sekitar 70 persen orang dewasa di seluruh dunia menikmati teh atau kopi setiap hari. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, teh dan kopi telah menjadi salah satu minuman yang seakan-akan wajib untuk dikonsumsi. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, teh dan kopi disebut-sebut bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang atau membuat kita menjadi lebih segar dan siap untuk melakukan berbagai aktifitas. Selain itu, teh dan kopi juga kaya akan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh kita.

doktersehat-teh-hitam

Telah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat dari kopi dan teh atau menunjukkan cara mengkonsumsi kedua jenis minuman ini agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Namun, dalam sebuah penelitian terbaru, ada sebuah tips yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan sebelum kita mengkonsumsi teh atau kopi. Tips tersebut adalah dengan mengkonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum menikmatinya. Apa alasan dari rekomendasi ini?

Dalam laman kesehatan Boldsky, disebutkan bahwa teh dan kopi ternyata memiliki kandungan kafein, kandungan yang bisa membuat kita lebih segar dan aktif. Sayangnya, konsumsi kafein dengan berlebihan bisa membuat kita mengalami kecemasan dan efek lainnya layaknya sulit untuk segera tidur atau jantung yang berdebar-debar bagi sebagian orang. Konsumsi segelas air putih sebelum menikmati kedua minuman ini bisa meminimalisir efek samping dari kafein ini karena air putih mampu memecah konsentrasi kafein pada minuman tersebut.

Selain efek samping dari kafein, teh dan kopi ternyata memiliki tingkat keasaman yang bisa mengganggu kesehatan lambung, dimana kopi memiliki kadar pH 5 dan teh memiliki kadar pH 6. Tingginya kadar keasaman ini membuat kita beresiko mengalami mulas-mulas, gangguan pada usus, hingga kerusakan pada dinding perut setelah mengkonsumsi kopi atau teh. Demi mencegah masalah kesehatan tersebut, ada baiknya memang kita meminum air putih sebelum minum kopi atau teh.