Sebelum Menikah, Pastikan Untuk Tahu Golongan Darah Pasangan, Ya?

DokterSehat.Com– Sebelum menikah, orang tua biasanya akan meminta kita untuk mengecek bibit, bebet, dan bobot pasangan. Tujuan dari mempertimbangkan hal ini tentu saja adalah agar kita bisa mendapatkan pasangan yang tepat sehingga pernikahan bisa berjalan dengan langgeng dan bahagia. Selain hal-hal tersebut, ada baiknya kita juga mempertimbangkan golongan darah pasangan.

doktersehat-pasangan-couple

Meskipun terlihat sepele, golongan darah sebenarnya bisa memberikan pengaruh besar, khususnya bagi bayi yang akan kita lahirkan nantinya. Sebagai informasi, manusia memiliki golongan darah A, B, O, dan AB. Tak hanya itu, terdapat Rh atau rhesus, protein yang ada di permukaan sel darah merah. Yang menjadi masalah adalah, jika pria dengan rhesus positif berjodoh dengan wanita dengan rhesus negeatif, maka besar kemungkinan bayi yang dilahirkan dari pasangan ini memiliki rhesus positif yang berarti mengalami kondisi isoimunitas yang membuatnya sangat rentan terkena penyakit berbahaya layaknya penyakit kuning atau anemia.

Dengan mengecek kondisi golongan darah, maka kita bisa mengetahui golongan darah pasangan, lengkap dengan kondisi Rh-nya sehingga bisa melakukan diskusi lebih lanjut untuk mendapatkan proses kehamilan atau kelahiran dengan aman.

Tak hanya mengetahui golongan darah, melakukan cek darah juga bisa membuat kita mengetahui riwayat penyakit keluarga. Hal ini membuat kita bisa melakukan pencegahan sejak dini dan tepat. Sebagai contoh, ternyata salah satu dari pasangan memiliki masalah thalassemia yang tentu akan membuat keturunannya nanti rentan terkena kecacatan. Selain itu, jika pasangan ternyata sudah mengidap virus HIV, maka kita pun bisa melakukan tindakan yang tepat agar bisa mencegah penularan virus yang bisa menyebabkan AIDS, salah satu penyakit paling mematikan yang pernah ada di dunia.

Baca Juga:  Diskusikan 5 Hal Ini Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Jadi, jangan ragu ya untuk melakukan tes darah sebelum menikah? Banyak manfaatnya kok.