Sebelum Memandikan Bayi yang Baru Lahir, Perhatikan Hal ini

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu akan merasa sangat berbahagia begitu mendapati buah hatinya terlahir ke dunia. Namun, setelahnya cukup banyak orang tua yang kebingungan untuk merawat bayi, khususnya jika mereka ingin memandikannya. Tak perlu panik, orang tua hanya perlu memperhatikan hal-hal berikut jika ingin memandikan bayi dengan nyaman dan aman,

doktersehat-cradlecap-bayi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bayi sudah bisa mulai dimandikan setelah tali pusarnya terlepas. Tidak perlu khawatir jika air akan membuat luka pada tali pusar ini semakin parah. Hanya saja, ada baiknya ibu mulai memandikan si kecil hanya dengan menggunakan kain yang sudah dicelup di dalam air hangat. Gosoklah kain ini dengan lembut pada tubuh bayi hingga ke lipatan-lipatan tubuh agar semua kotoran bisa dibersihkan.

Tahukah anda jika bayi yang baru lahir tidak perlu dibersihkan setiap hari? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bayi yang baru lahir ternyata masih dalam kondisi yang sangat bersih sehingga kita bisa memandikannya 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Tak hanya itu, kita tidak perlu menggunakan sabun saat memandikan bayi yang baru lahir. Gunakan saja air hangat dan kain untuk melakukannya. Namun, andai ibu ingin memberikan sabun, pastikan sabun ini diperuntukkan bagi bayi dan tidak memiliki kandungan pewarna, parfum, atau kandungan kimia berbahaya lainnya. Hal ini dikarenakan kondisi kulit bayi yang cenderung sensitif sehingga andai kita sembarangan dalam menggunakan sabun, bisa jadi bayi justru akan mengalami ruam-ruam atau iritasi.

Saat memandikan bayi, ada baiknya kita memperhatikan kondisi bayi apakah Ia merasa nyaman dengan air atau tidak. Cukup banyak bayi yang ternyata tidak suka dengan tubuh yang basah atau suhu yang dingin. Karena alasan inilah ada baiknya ibu tidak perlu memaksakan bayi untuk harus mandi di dalam bak atau ember. Cukup dengan menggunakan kain basah, maka kita sudah bisa membersihkan tubuh bayi dari berbagai kotoran.